get app
inews
Aa Read Next : Misteri Gunung Malabar yang Penuh Kisah Horor, Raibnya Kerajaan Malabar

Misteri Gaib Gunung Andong, Mulai Penampakan Tentara Jepang Hingga Makam Keramat Ki Joko Pekik 

Selasa, 27 Juni 2023 | 09:47 WIB
header img
Misteri Gaib Gunung Andong, Mulai Penampakan Tentara Jepang Hingga Makam Keramat Ki Joko Pekik (Foto: Okezone)

MAGELANG, iNewskaranganyar.id - Gunung Andong yang terletak di antara Desa Ngabla dan Tlogorjo, Kabupaten Magelang ini tidaklah setenar gunung lainnya yang ada di tanah Jawa.

Namun, meski kalah tenar dengan gunung lainnya seperti Gunung Lawu, Gunung Merapi, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Merbabu, kemistisan Gunung setinggi sekitar 1.726 Mdpl ini tak kalah dengan gunung lainnya.

Gunung Andong adalah sebuah gunung bertipe perisai di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini belum pernah mempunyai aktivitas meletus. Gunung Andong merupakan salah satu dari beberapa gunung yang melingkari Magelang.

Berdampingan dengan Gunung Telomoyo, gunung ini berada di perbatasan wilayah Salatiga, Semarang, dan Magelang.

Tentara Jepang dan Perempuan Pribumi

Penemuan adannya banker di Gunung Andong ini sempat menghebohkan publik. Melalui sebuah penelitian didapat fakta bila bunker atau gua bawah tanah itu sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang. Gua yang konon digunakan untuk penyimpanan senjata itu kabarnya sudah melalui dua kali revitalisasi.

Dari penuturan warga sekitar, di sekitar gua kerap terlihat adanya penampakan tentara Jepang dan seorang perempuan pribumi. Jumlah penampakan tentara Jepang itu sendiri berbeda-beda. Ada yang mengatakan 8 orang, 9 Orang dan ada yang 10 orang. Sedangkan jumlah perempuan pribumi itu sendiri tidak pernah lebih dari satu.

Namun setelah didekati, banker atau gua itu kosong. Tak terlihat sosok tentara jepang dan perempuan pribumi ditempat itu. Dari penuturan Samidi (55), warga setempat, ada kisah kelam yang terjadi di dalam gua tersebut yang memakan korban seorang perempuan pribumi yang dilihat warga.

Berdasarkan cerita orangtuannya dulu, perempuan itu dulunya dipaksa untuk ikut saat pembuatan bunker. Kala itu, dia bertugas menyiapkan makanan untuk para tentara.

Suatu hari, perempuan pribumi itu dipaksa untuk memasak padahal kondisinya sedang sakit. Alhasil, makanan yang di masaknya pun tidak enak.Tentara yang kala itu emosi karena makanannya tidak enak, langsung mengacungkan senjata dan menembak perempuan pribumi tersebut.

Mirisnya, jenazah perempuan pribumi yang meninggal di tempat karena berulang kali ditembak di bagian dada itu tidak dikuburkan dengan layak, hanya dibiarkan begitu saja.

Asal Usul Nama Gunung Andong

Banyak orang mengira asal-usul nama Gunung Andong berasal dari bentuk puncaknya yang mirip seperti punggung sapi dan punggung sapi dalam istilah setempat disebut Andong. Namun dari versi mistisnya, Andong adalah nama daun yang sering dipakai oleh warga setempat dalam ritual tradisi Jawa.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut