get app
inews
Aa Read Next : Sidang Perdana ASN Guru Masuk Caleg Sekaligus Timses Digelar di Pengadilan Negeri Karanganyar

Pengumuman! Menpan-RB Pastikan Rekrutmen CPNS Dibuka September, Segini Jumlah Formasi Dibutuhkan

Jum'at, 16 Juni 2023 | 23:02 WIB
header img
CPNS Resmi Dibuka September, Catat jumlah formasi yang dibutuhkan(Foto: Ilustrasi/Ist).

JAKARTA, iNewskaranganyar.id - Kabar gembira, pemerintah resmi membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan PPPK

Kepastian itu diutarakan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas. Menurut Menpan-RB, dalam seleksi itu terdapat 1.030.751 formasi pada CASN 2023. Perkembangan proses ini pun sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Terkait dengan proses CASN/CPNS 2023 kami kemarin sudah laporkan Pak Presiden, nanti rencana di bulan September akan dimulai dan totalnya kurang lebih 1.030.751 orang," papar Anas usai kegiatan Rapat Pembahasan Isu-isu Strategis Kementerian PANRB dan Kementerian Dalam Negeri, di kantor Kemenpan RB, Jakarta, Jumat (16/6/2023).

Formasi yang berjumlah lebih dari satu juta itu pun terbuka untuk CPNS dan PPPK. Namun, tahun ini pihaknya memprioritaskan PPPK pada CASN dengan porsi sebesar 80%. Sementara 20% sisanya akan diperuntukkan bagi fresh graduate melalui seleksi CPNS. 

Ini pun dilakukan untuk menyelesaikan PPPK. Nantinya, terdapat kemungkinan porsi untuk fresh graduate melalui seleksi CPNS dibuka lebih besar bila penyelesaian PPPK sudah dilakukan.

"Kalau nanti tahun depannya lagi PPPK selesai, bisa jadi PPPK 70%, fresh graduate 30%. Sehingga ini menjadi kompromi antara penyelesaian PPPK dengan fresh graduate," jelasnya.

Sebagai informasi, usulan kebutuhan ASN yang disampaikan instansi pemerintah memuat data struktur organisasi, analisis beban kerja, eksisting pegawai, jumlah kebutuhan ASN, dan masa hubungan perjanjian kerja PPPK. Usulan kebutuhan tersebutlah yang saat ini sedang divalidasi oleh Kementerian PANRB.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut