get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

UMUKA Karanganyar Bangun Kampus Baru 7 Lantai Rp50 Miliar, Haedar Nasir: Muhammadiyah Terus Bergerak

Rabu, 24 Mei 2023 | 20:50 WIB
header img
UMUKA Karanganyar Bangun Kampus Baru, 7 Lantai Senilai Rp50 Miliar, Haedar: Muhammadiyah Terus Bergerak Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nasir secara resmi melakukan  Groundbreaking pembangunan Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka). 

Selain menghabiskan dana sebesar Rp50 miliar, Univeristas pertama yang dibangun Muhammadiyah di Kabupaten yang terletak di lereng Gunung Lawu ini bakal memeliki ketinggian 7 lantai.

Dan bisa dikatakan bangunan yang didirikan di atas tanah seluas 2.000 meter persegi ini, menjadi tertinggi di wilayah Timur dari Kabupaten Karanganyar yang berbatasan langsung dengan Jawa Timur.

"Muhammadiyah terus  bergerak untuk kekuatan bangsa. Salah satunya dengan mencetak generasi yang berakhlak mulia dan dibekali pengetahuan," papar Haedar di sela groundbreaking, Rabu (24/5/2023).

Haedar menjelaskan kampus Umuka ini akan memproduksi sumber daya manusia (SDM) insani yang dibutuhkan Indonesia. Tentunya dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ia sangat optimis, kedepan Umuka akan menjadi Universitas maju ternama menyusul kampus Muhammadiyah di berbagai daerah Indonesia yang lebih dulu ada.  Salah satunya seperti Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan lainnya.

Terbukti, ungkap Haedar, Umuka yang baru memasuki usia 1, sudah memiliki semangat untuk membangun kampus tujuh lantai. Dan belum ada ceritannya pembangunan yang dikerjakan oleh Muhammadiyah mangkrak atau tak selesai. Karena, seluruh unit-unit amal usaha Muhammadiyah akan dikerahkan dalam merealisasikan pembangunan tersebut.

"Saya optimis lima tahun kedepan Umuka akan menjelma menjadi kampus ternama menyusul kampus Muhammadiyah di berbagai daerah Indonesia yang lebih dulu ada. Salah satunya seperti Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan lainnya,"terangnya.

Apalagi keberadaan Umuka mendapatkan dukungan penuh dari Bupati Karanganyar Juliyatmono yang kebetulan warga Muhammadiyah.

"Kami juga sangat berterima kasih ke Bupati Karanganyar yang telah memberikan penguatan secara materi dan spiritual bagi Umuka. Ini wujud objektivitas untuk kemajuan SDM," ujarnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut