get app
inews
Aa Read Next : Lomba Pacu Perahu di Sarolangun Jambi Berakhir Ricuh, 2 Warga Alami Luka

Sayang Dilewatkan, Ini 4 Manfaat Jalankan 6 Hari Puasa Syawal

Selasa, 25 April 2023 | 15:45 WIB
header img
Sayang Dilewatkan, Ini 4 Manfaat Jalankan 6 Hari Puasa Syawal(Foto: Freepik)

Manfaat Puasa Syawal

1. Puasa Syawal menyempurnakan pahala puasa Ramadan sehingga senilai dengan puasa setahun penuh.

2. Puasa Syawal dan puasa Syakban sebagaimana sholat sunah rawatib sebelum dan sesudah sholat, ia menyempurnakan kekurangan dan cacat yang ada pada ibadah yang wajib. Karena ibadah-ibadah wajib akan disempurnakan dengan ibadah-ibadah sunah pada hari kiamat kelak. Kebanyakan orang, puasa Ramadan-nya mengandung kekurangan dan cacat, maka membutuhkan amalan-amalan yang bisa menyempurnakannya.

3. Terbiasa puasa selepas puasa Ramadan adalah tanda diterimanya amalan puasa Ramadan. Sebab ketika Allah Subhanahu wa ta'ala menerima amalan seorang hamba, Allah Ta'ala akan memberikan ia taufik untuk melakukan amalan salih selanjutnya. Sebagaimana perkataan sebagian salaf:

ثواب الحسنة الحسنة بعدها

"Balasan dari kebaikan adalah (diberi taufik untuk melakukan) kebaikan selanjutnya."

Maka barang siapa yang melakukan suatu kebaikan, lalu diikuti dengan kebaikan lainnya, ini merupakan tanda amalan kebaikannya tersebut diterima oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Sebagaimana barang siapa yang melakukan suatu kebaikan, namun kemudian diikuti dengan keburukan lainnya, ini merupakan tanda amalan kebaikannya tersebut tidak diterima oleh Allah Ta'ala.

4. Orang-orang yang berpuasa Ramadan disempurnakan pahalanya di hari raya Idul Fitri dan diampuni dosa-dosanya. Maka Idul Fitri adalah hari pemberian ganjaran kebaikan, sehingga puasa setelah Idul Fitri adalah bentuk syukur atas nikmat tersebut. Sedangkan tidak ada nikmat yang lebih besar selain pahala dari Allah Ta'ala dan ampunan dari Allah Ta'ala.

Wallahu a'lam bishawab.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut