get app
inews
Aa Read Next : Misteri Gunung Malabar yang Penuh Kisah Horor, Raibnya Kerajaan Malabar

Misteri Tersembunyi Candi Borobudur yang Bakal Mengguncang Dunia Bila Terungkap (2)

Minggu, 12 Maret 2023 | 13:49 WIB
header img
Misteri Candi Borobudur bakal guncang dunia bila terpecahkan (Foto: doc. iNews.id)

Terkuburnya candi Borobudur juga diperkuat dengan prasasti Prasasti Kalkutta yang di dalamnya bertuliskan  'Awama' yang memiliki arti  lautan susu. Sehingga ada kemungkinan 'Awama' itulah bisa berarti  lahar Merapi yang kemudian menutupi  Borobudur.

Saat pertama ditemukan masih berupa reruntuhan oleh HC Cornelius yang menemukan dasar candi. Kemudian dilanjutkan oleh Hartmann pada tahun  1814. Pemugaran kedua pada tahun 1907-1911 oleh Theodorus van Erp hingga bentuknya seperti yang terlihat saat ini megah dan istimewa. 

Banyak Kepala Patung Budha Yang Hilang

Sekitar 250 arca Budha di candi Borobudur banyak yang hilang kepalanya. Padahal hanya ada 56 buah patung kepala arca Buddha yang masih disimpan di Balai Konservasi Borobudur (BKB). Selain itu juga nampak beberapa arca juga  tanpa lengan dan tangan.  Kemana lagi sisa kepala arca budha tersebut belum diketahui keberadaannya.

Usai di lakukan pemugaran pada candi Borobudur, ada yang menyebutkan bahwa Borobudur menjadi 'surganya' kolektor antik yang mau membayar mahal untuk  kolektor artefak. Kepala budha banyak yang dicuri, dan membiarkan badannya tetap di tempat. Kemungkinan itulah yang menyebabkan banyak sekali ditemukan arca di candi Borobudur yang tidak berkepala.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut