get app
inews
Aa Read Next : Misteri Gunung Malabar yang Penuh Kisah Horor, Raibnya Kerajaan Malabar

Misteri Tersembunyi Candi Borobudur yang Bakal Mengguncang Dunia Bila Terungkap (2)

Minggu, 12 Maret 2023 | 13:49 WIB
header img
Misteri Candi Borobudur bakal guncang dunia bila terpecahkan (Foto: doc. iNews.id)

MAGELANG, iNewskaranganyar.id - Banyak misteri yang belum terungkap terkait awal mula keberadaaan bangunan candi Borobudur yang menjadi salah satu peninggalan peradapan dunia yang fenomenal

Seperti bagaimana bangunan candi dibuat, dari mana asal batunya, bagaimana cara membawanya hingga ke atas bukit.Seperti apa dulunya lokasi di sekitar Borobudur.

Borobudur sendiri di bangun di lokasi yang memang  istimewa juga strategis. Diapit oleh bebarapa pasang gunung. Sebelah timur ada Gunung Merapi dan Merbabu di sebelah Timur. Sebelah selatan diapit oleh Gunung Sindoro dan gunung Sumbing.  Juga di kelilingi Pegunungan Menoreh di sebelah selatan. Selain itu juga berada diantara 2 sungai, yakni Sungai Progo dan Elo.

Muncul Kembali Setelah Ribuan Tahun Menghilang

Berbagai sumber sejarah menyebutkan sekitar tahun 1006 gunung Merapi meletus hebat dan laharnya diduga menutupi seluruh bangungan candi hingga ribuan tahun lamanya menghilang di telan bumi. Sampai akhirnya tahun 1814  Candi Borobudur kembali "muncul" di sebuah bukit di desa Budur, Magelang Jawa Tengah. Sebelumnya Borobudur juga sudah di sebut dalam naskah Negarakertagama karya Mpu Prapanca pada tahun 1365 Masehi, yang bertuliskan ada sebuah bangunan vihara yang di dirikan di desa  Budur.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut