get app
inews
Aa Read Next : Mitos Gunung Parang, Gunung Purba yang Menyimpan Sejuta Misteri Menyeramkan

Mengenal Keris Majapahit, Pusaka Turunan Khusus Anak Laki-Laki 

Sabtu, 11 Februari 2023 | 21:50 WIB
header img
Ciri-Ciri pusaka Keris Majapahit, Keris Majapahit jauh lebih tua (Foto:iLustrasi/Okezone)

Ini didasari banyak bermacam keris di tanah air. Salah satunya Keris Majapahit. Dibandingkan keris lainnya, keris Majapahit memiliki bilah lurus khas keris. Itu dibuat utuh bersama dengan pegangannya. Jenis keris ini diwariskan dalam keluarga pemiliknya secara turun temurun dari ayah ke anak laki-laki sebagai "pusakas"

Dalam kepercayaan orang Jawa, keris ini adalah jimat ampuh yang melindungi tanaman di ladang dari gangguan dan hama. Nama Keris Majapahit berasal dari periode Kerajaan Majapahit Indo-Jawa yang kuat yang ada di kepulauan Indonesia antara abad ke-14 dan ke-15. Namun, Keris-Majapahit jauh lebih tua. 

Spesimen pertama diyakini dibuat sekitar 1000 hingga 1600 tahun yang lalu, di Zaman Besi pertama di Jawa. Mereka telah diproduksi sejak saat itu hingga hari ini.

Spesimen yang dihasilkan kemudian sangat mirip dengan jenis keris biasa. Bilahnya dikerjakan secara kasar dan pelebaran gagangnya tidak sejelas jenis keris biasa. Keris Majapahit tidak memiliki "Ganja" palsu. 

Namun, seringkali ditunjukkan dengan ukiran . Kebanyakan bilah lurus, tetapi bilah bergelombang juga umum. 

Pada hampir semua spesimen yang diketahui terdapat jejak pita besi yang disolder untuk ditemukan. Baja Pamor sederhana (mirip dengan baja Damaskus) biasanya digunakan sebagai bahan bilahnya. 

Berbeda dengan keris lainnya, Keris Majapahit belum bisa dipastikan apakah pernah digunakan sebagai senjata tikam, atau belum. Karena tidak ada yang referensi itu tidak ada. ***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut