get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Tingkatkan Kapasitas Pilar Sosial, DPR RI dan Kemensos RI Jalin Kerja Sama

Sabtu, 11 Februari 2023 | 20:15 WIB
header img
Tingkatkan Kapasitas Pilar Sosial, DPR RI dan Kemensos RI Jalin Kerja Sama (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id – DPR RI dan Kementerian Sosial (Kemensos) RI melakukan kerja sama Peningkatan Kapasitas Pilar-Pilar Sosial.

Pilar-Pilar Sosial terdiri dari pendamping program keluarga harapan (PKH), tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK), Karangtaruna, sistem layanan dan rujukan terpadu (SLRT), taruna siaga bencana (Tagana) dan pekerja sosial masyarakat (PSM).

Agar mereka memiliki visi yang sama atau menyamakan persepsi, Anggota Fraksi PDIP DPR RI, Paryono dan Kemensos RI melakukan konsolidasi sekaligus memberikan bimbingan teknis (bimtek).

Harapan dari konsolidasi dan bimtek itu agar mereka bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada keluarga penerima manfaat (KPM). Konsolidasi dan bimtek yang terangkum dalam “Pilar-Pilar Sosial Fiksi Bersama Sosial untuk Indonesia" ini dipusatkan di New Normal Karanganyar, Sabtu (11/2/2023).

Terutama percepat penanganan bencana yang belakangan ini melanda berbagai wilayah di Indonesia inilah yang mendasari untuk memaksimalkan peran dari pilar-pilar sosial. 

"Mereka ada di tiap-tiap kecamatan. Kita akan mandata dampak dari bencana,"papar Penyuluh Sosial Madya Direktorat Sosial Kemensos Triwiyanto, di Karanganyar, Sabtu (11/2/2023). 

Terkait bencana atau musibah yang belakangan terjadi di berbagai wilayah Indonesia memang berdampak secara ekonomi. Terutama di wilayah yang terkena bencana. Sehingga menimbulkan permasalahan sosial. 

Kementrian sosial sendiri, ungkap Triwiyanto,selalu mengupdate semua bencana yang terjadi saat ini. Termasuk bersinergi dengan dinas atau instansi terkait termasuk BMKG. 

"Kita ada command center, disitu ada segala informasi yang ada di masyarakat ataupun informasi kebencanaan dari kementrian lain selalu diupdate," imbuhnya. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut