get app
inews
Aa Read Next : HP Meledak saat Dicas di Kasur dan Ditutupi Bantal, Sebuah Rumah Nyaris Ludes Terbakar

Balutan Misteri Selimuti Keindahan Pantai di Gunungkidul, Apa Saja?

Selasa, 07 Februari 2023 | 17:49 WIB
header img
Misteri pantai Gunung Kidul tidak lepas dari kisah mistis di Pantai Sadranan. (Foto: IG @pantaisadranan)

GUNUNGKIDUL, iNewskaranganyar.id - Kisah Misteri pantai Gunung Kidul menjadi daya tarik tersendiri di Provinsi Yogyakarta. Kabupaten yang masuk kedalam Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini memang dikenal sebagai surganya pantai dengan keindahan dan keunikan tersendiri.

Kendati pantai di Gunung Kidul ini kental dengan balutan misteri, namun tak mengurangi minat wisatawan berlibur ke pantai yang ada di Gunung Kudul. Meskipun tak jarang beberapa pengunjung dan masyarakat mengalami kejadian mistis saat mengunjungi pantai di Gunung Kidul. 

Melansir berbagai sumber, Rabu (22/9/2021), setidaknya ada lima pantai di Gunung Kidul yang menyimpan kisah misteri seru.

1. Pantai Jungwok 

Kabupaten Gunung Kidul, memang layak mendapatkan julukan Kota 1001 pantai. Karena banyaknya pantai cantik nan indah yang dimilikinya. Salah satunya Pantai Jungwok ini, lokasinya berada dekat dengan Pantai Wediombo tepatnya berada di sisi sebelah timur. Dikenal memiliki ombak pantai yang besar, seringkali karang di sana tiba-tiba pecah ketika dihantam oleh ombak pantai tersebut.

Lalu Pantai Jungwok ini bisa dibilang termasuk pantai yang masih menyimpan kisah mistis yang masih menjadi misteri. Bahkan beberapa pengunjung yang datang pernah mengalami kejadian yang diluar nalar mereka. Hal ini sering terjadi ketika sedang berkembah di pantai tersebut, pengunjung mengaku sering mengalami peristiwa aneh. Mereka yang sedang berkembang disana seperti mendengar suara lolongan anjing tanpa sosok yang misterius. 

2. Pantai Greweng

Pantai Greweng merupakan salah satu pantai unik nan cantik yang lokasinya berada di Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini berada sekitar 3 km di sebelah timur Pantai Wediombo dan bersebelahan dengan Pantai Sedahan. Lebih tepatnya di Jalan Pendowo, Pendowo, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Menyimpan banyak cerita mistis, warga sekitar memiliki cerita bahwa terdapat dua misteri yang menyelimuti pantai ini. Misteri pertama berhubungan dengan pepohonan rimbun yang ada di jalan setapak sebelum tiba di pantai. Menurut cerita masyarakat sekitar, rimbunan pohon itu adalah pasar gaib yang dihuni oleh para jin penunggu pantai ini. Beberapa wisatawan pun mengaku merasakan hawa yang aneh di sekitar pepohonan.

Misteri kedua berhubungan dengan sebuah goa yang dihalangi oleh seutas tali dan ngga bisa dimasuki sembarang orang. Dalam cerita masyarakat goa ini pernah dijadikan tempat ritual bertapa oleh Presiden Ir Soekarno selama 7 hari 7 malam. 

3. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti menjadi salah satu destinasi wisata paling terkenal di Gunungkidul, Yogyakarta. Pesonanya pun tak kalah dengan deretan pantai-pantai lainnya. Terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, wisata bahari ini sering disebut sebagai pantai Kuta-nya Yogyakarta. Pantai ini dikenal memiliki akses yang mudah sehingga sering dijadikan lokasi study tour.

Namun pantai yang memiliki pasir putih bersih ini juga menyimpan cerita mistis. Banyak kejadian para siswa yang akan pulang dari pantai tersebut mengalami kesurupan masal dikarenakan mengambil pasir dan kerang dari pantai tersebut. 

4. Pantai Baron

Panorama pantai Baron mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Terletak di zona selatan secara administratif masuk wilayah Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul.  Selain dikenal dengan keindahan alamnya, oleh masyarakat setempat diyakini sebagai pantai yang menyimpan beragam misteri berkaitan dengan mitos penguasa laut selatan Kanjeng Ratu Kidul. Hal ini dikaitkan dengan sering terjadinya kecelakaan laut yang menelan korban.

Penduduk sekitar pantai ini sering menjadikan tebing-tebing di pantai tersebut sebagai tempat acara sedekah laut atau larung sesaji. Selain itu ada juga cerita yang tersebar diantara para penduduk sekitar, bahwa di pantai ini sendiri pernah terlihat adanya jelmaan seekor harimau liar. Namun, setelah dilakukan pencarian tak ditemukan satu harimau pun. Sampai saat ini kebenaran cerita tersebut masih menjadi rahasia diantara para penduduk.

5. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan dikenal sebagai surganya para pecinta snorkeling. Hamparan pasir putihnya diiringi deburan ombak yang cukup kencang di beberapa waktu, keindahan pantainya dihiasi dengan keberadaan sebuah pulau yang berada di tengah laut. Terletak di di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pantai ini pun menyimpan kisah misitis yang tragis. 

Pada 2015, tebing besar di Pantai Sadranan ambruk dan menewaskan 4 wisatawan. Proses evakuasi korban longsor di Pantai Sadranan ini pun mengalami kesulitan, tidak hanya masalah medan yang sulit, namun juga ada beberapa keanehan yang dirasakan oleh petugas. Karena keanehan tersebut, warga sekitar  memanggil sesepuh pantai Sadranan dan meminta petugas untuk menyediakan sesajen dan membakar dupa di tempat longsor.

Hal tersebut dimaksud untuk meminta izin kepada penguasa pantai supaya proses evakuasi dimudahkan. Lalu konon pada suatu malam, ada beberapa pedagang yang melewati kawasan itu melihat penampakan 4 wisatawan di atas patahan tebing.***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut