get app
inews
Aa Read Next : Cetak 100 Gol, Son Heung-min Pemain Asia Pertama Masuk Buku Sejarah Liga Inggris 

Semenanjung Korea Tegang, Amerika Serikat Dirikan Pangkalan Militer Luar Angkasa di Korut

Sabtu, 26 November 2022 | 17:46 WIB
header img
Pintu masuk pangkalan Militer Amerika Serikat di Seoul (Foto: Yonhap)

SEOUL, iNewskaranganyar.id - Angkatan Luar Angkasa AS atau The U.S. Space Force mengaktifkan komando pangkalan pertamanya di kawasan Indo-Pasifik. Tujuannya untuk mencegah rudal Korea Utara diluncurkan kearah Korea Selatan maupun Amerika Serikat menyusul ketegangan antar kedua negara tersebut.

Seperti dikutip iNewskaranganyar dari The Korea Herald, Komando komponen yang didirikan di Korea Selatan diharapkan menjadi markas komando luar angkasa AS kedua yang diluncurkan di luar daratan AS setelah yang pertama didirikan di bawah Komando Indo-Pasifik yang berbasis di Hawaii awal bulan ini.

Peluncuran ini diharapkan memungkinkan USFK untuk mendeteksi dan melacak kendaraan udara yang terbang ke eksosfer pada saat Korea Utara diyakini bakal meluncurkan rudal balistik antarbenua bersenjata nuklir ke daratan AS.

Sumber lain memperkirakan badan USFK baru akan lebih kecil dari komando komponen luar angkasa di Hawaii, yang memiliki sekitar 20 personel.

Setelah dipasang, komando komponen baru akan terhubung dengan Angkatan Luar Angkasa AS dan Pasukan Luar Angkasa AS Indo-Pasifik melalui sistem jaringan militer, yang dikenal sebagai C4i, untuk berbagi informasi waktu nyata mengenai aktivitas nuklir dan misil Korea Utara.

AS juga dikatakan akan membentuk komando komponen luar angkasa tambahan di bawah Komando Pusat yang bertanggung jawab atas Timur Tengah pada akhir tahun 2022.

Pengaktifan Komando Pasukan Luar Angkasa di Indo-Pasifik selang beberapa hari pasca Korea Utara meluncurkan rudal balistik antar benua (ICBM). Pyongyang sengaja unjuk gigi dengan melepaskan rudal jelajah yang dipromosikan mampu menyentuh bagian mana saja wilayah di Amerika Serikat. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut