get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Penyelenggara Festival Balon Udara di Karanganyar Bakal Dipanggil Polisi, Apa Sebab?

Selasa, 08 November 2022 | 14:09 WIB
header img
Polres Karanganyar bakal memanggil panitia festival balon udara yang akan di gelar di Ngargoyoso untuk mengecek semua perijinan apakah sudah di kantongi apa belum (Foto: ilustrasi/Pixebay)

"Secara umum dilarang. Karena dapat menganggu aktivitas penerbangan. Kemudian mengantisipasi apabila sudah habis masanya, dikhawatirkan jatuh dintempat yangg berbahaya. Seperti pemukiman atau tempat yang ada bahan mudah terbakar,"imbuhnya.

Karena itulah, pihaknya berencana memanggil panitia pelaksana acara balon udara di Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar. 

Pemanggilan itu untuk menanyakan semua persyaratan termasuk ijin dari Badan Otoritas Bandara sudah dikantongi atau tidak. Pasalnya, hingga kini, ijin yang diajukan ke Polda Jawa Tengah sendiri itupun belum mendapatkan jawaban.

Ijin dari Polda Jateng sangat penting. Apalagi letak festival balon udara ini berada di daerah Ngargoyoso yang dekat dengan perbatasan Provinsi Jawa Timur.

"Kami akan memanggil dulu pihak penyelenggara. Kemudian kami lakukan pengecekan apakah persyaratan sudah dipenuhi apa belum. Dan siapa yang akan bertangging jawab baik itu terkait jenis maupun kualifikasinya jadi balon seperti apa,"ujarnya.

Karena untuk apapun, menerbangkan balon udara ada Undang-undang yang mengaturnya tak boleh sembarangan dilakukan. Sekalipun balon udara yang akan diterbangkan berukuran kecil.

"Yang jelas untuk balon udara ini ada aturan dan UUnya. Larangan tidak noleh menerbanhkan balon udara,"ujarnya. ***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut