get app
inews
Aa Read Next : Mitos Kutukan di Curug Tujuh Bidadari di Balik Ikon Wisata yang Indah dari Ungaran

Kisah Berdarah Keris Empu Gandring, Pusaka dari Batu Meteor dengan Kutukan 7 Keturunan Ken Arok

Kamis, 06 Oktober 2022 | 12:04 WIB
header img
Kesaktian Keris Mpu gandring ini luar biasa, konon keris ini saat ini hilang di kawah gunung kelud, Siapa saat ini pemilik Pusaka Pencabut Nyawa ini (Foto:iLustrasi/Okezone)

Tumbal Keris

Kepala Daerah Tumapel, Tunggul Ametung dibunuh Ken Arok untuk mendapatkan istrinya yang cantik, Ken Dedes. Padahal, Ken Arok merupakan pegawai dari Tunggul Ametung yang sangat dipercaya.

Pembunuhan Tunggul Ametung dilakukan Ken Arok setelah dirinya mendengar dari Brahmana Lohgawe bahwa "barang siapa yang memperistri Ken Dedes akan menjadi Raja Dunia". Namun, Ken Arok memiliki siasat, yakni meminjamkan keris tersebut kepada rekannya, Kebo Ijo. 

Sehingga keris tersebut dibawa ke mana-mana oleh Kebo Ijo untuk menarik perhatian umum, tujuannya agar yang tertuduh membunuh Tunggul Ametung adalah Kebo Ijo.  Siasatnya itu berhasil, bahkan dirinya sebagai orang kepercayaan Tunggul Ametung langsung membunuh Kebo Ijo dengan keris tersebut.

Niat Ken Arok memperistri Ken Dedes pun kesampaian, termasuk mengambil jabatan Tunggul Ametung. Ia memperluas pengaruh Tumapel hingga menaklukan Kerajaan Kediri. Ken Arok akhirnya mendirikan Kerajaan Singasari.

Seiring waktu, pembunuhan Tunggul Ametung terendus oleh Anuspati, anak Ken Dedes dengan Tunggu Ametung. Rupanya, Anuspati mengetahui kejadian pembunuhan tersebut dari Ken Dedes.

Dikuasai amarah, Anuspati pun bertekad untku membalas dendam. Kemudian, dia merancang pembalasan dengan memerintahkan pendekar sakti kepercayaanya, Ki Pengalasan.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut