get app
inews
Aa Read Next : Mitos Kutukan di Curug Tujuh Bidadari di Balik Ikon Wisata yang Indah dari Ungaran

Kisah Berdarah Keris Empu Gandring, Pusaka dari Batu Meteor dengan Kutukan 7 Keturunan Ken Arok

Kamis, 06 Oktober 2022 | 12:04 WIB
header img
Kesaktian Keris Mpu gandring ini luar biasa, konon keris ini saat ini hilang di kawah gunung kelud, Siapa saat ini pemilik Pusaka Pencabut Nyawa ini (Foto:iLustrasi/Okezone)

KARANGANYAR,iNewskaranganyar.id - Ken Arok meminta Empu Gandring memuat keris dalam satu malam. Mustahil bagi seorang Empu untuk membuatnya karena sebilah keris biasanya dibuat dua hingga tiga bulan.

Dengan kekuatan gaib, Empu Gandring menyanggupinya. Ia melakukan sejumlah ritual mulai dari tirakat puasa dan amalan khusus sebelum memilih bahan untuk membuat keris tersebut bertuah.

Akhirnya, Batu meteor yang jatuh dari langit akhirnya dipilih sebagai bahan untuk keris pesanan Ken Arok. Dalam proses pembuatannya, keris tersebut juga dicelupkan ke dalam bisa ular. Ketika Empu Gandring masih membuat sarungnya, Ken Arok datang mengambil keris tersebut karena sudah satu hari.

Empu Gandring ternyata menjadi korban pertama dari keris tersebut, karena Ken Arok menguji pusaka tersebut dengan menusukan kepada pembuatnya karena dianggap tak menepati janji. Yakni, tak menyelesaikan pembuatan keris, karena sarungnya belum selesai dibuat.

Empu Gandring pun mengeluarkan kutukannya dalam kondisi sekarat, keris tersebut akan meminta tumbal nyawa tujuh turunan Ken Arok. Empu Gandring mengutuk Ken Arok, bahwa keris itu akan menelan korban tujuh turunan dari Ken Arok.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut