Logo Network
Network

Apa Itu Gas Air Mata? Dan Apa Saja Kandungan Didalamnya yang Disebut Jadi Pemicu Tewasnya Suporter

Wahyu Budi Santoso
.
Senin, 03 Oktober 2022 | 12:04 WIB
Apa Itu Gas Air Mata? Dan Apa Saja Kandungan Didalamnya yang Disebut Jadi Pemicu Tewasnya Suporter
Kandungan gas air mata yang disebut sebagai salah satu penyebab tewasnya ratusan suporter di Stadion Kanjuruhan(Foto:Aviresta Midaada/MPI)

"Karena sudah merusak mobil petugas," tambahnya. Gas air mata adalah salah satu senjata yang paling efektif untuk membubarkan para massa yang anarkis. Merangkum dari Britannica, Minggu (2/10/2022) gas air mata biasa disebut dengan lacrimator. 

Gas air mata adalah salah satu dari zat yang mengiritasi selaput lendir mata yang menyebabkan sesnasi menyengat dan air mata. Zat ini pertama kali digunakan pada Perang Dunia 1 dalam perang kimia meskipun efeknya jangka pendek dan jarang melumpuhkan. 

Zat yang paling sering digunakan sebagai gas air mata adalah senyawa halogen organik sintetik. Mereka bukanlah gas sejati melainkan cairan atau padatan yang dapat dengan halus tersebar di udara melalui penggunaan semprotan, generator kabut, geranat atau peluru. 

Setidaknya ada dua jenis gas air mata yang paling sering digunakan. Di antaranya adalah chloroacetophenone atau biasa disebut CN dan chlorobenzylidenemalononitrile yang disebut CS. CN adalah komponen utama dari agen aerosol mace dan banyak digunakan dalam pengendalian kerusuhan yang bakal mempengaruhi mata. ***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.