KARANGANYAR,iNews.id - Pakar Komunikasi Politik Universitas Mercu Buana (UMB) Afdal Makkuraga Putra berpandangan, Anies harus tetap aktif melakukan kegiatan-kegiatan dan juga melalukan personal brandingnya, termasuk melalui media sosial (medsos). Bahkan, memperluas kegiatannya hingga ke berbagai daerah.
Sebagai salah satu kandidat calon presiden ( capres ) yang selalu masuk tiga besar di berbagai survei, ada sejumlah pekerjaan rumah (PR) untuk Anies agar bisa tetap eksis dan diingat masyarakat pemilih hingga pertarungan Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.
Apalagi masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan segera berakhir pada 16 Oktober 2022.
"Di samping juga Anies harus melakukan political branding secara individual, baik itu melalui aksi-aksi nyata maupun serangan udara atau medsos. Harus lebih diperkuat lagi kegiatan-kegiatan itu, agar ingatan publik itu tidak hilang," kata Afdal saat dihubungi MNC Portal, Rabu (14/9/2022).
Kemudian, Afdal melanjutkan, Anies juga perlu membuat komunitas-komunitas pendukungnya di berbagai daerah. Hal ini dilakukan agar popularitas Anies tidak redup, karena ada komunitas pendukungnya yang membuat berbagai kegiatan atas nama Anies.
Namun tentunya, sambung Afdal, hal itu tidak bisa dilakukan sendirian oleh Anies, dia perlu bantuan kekuatan politik lain.
Seperti Partai Nasdem misalnya yang merekomendasikan nama Anies sebagai kandidat capres yang paling banyak direkomendasikan oleh pengurus Nasdem di daerah.
Editor : Ditya Arnanta