get app
inews
Aa Read Next : BP Batam Tularkan Ilmu Agar UMKM Solo Jadi Pengusaha Besar

Kisah Sukses Sudhamek, dari Korban Bully Sampai jadi Orang Terkaya RI Berharta Triliunan

Rabu, 07 September 2022 | 23:20 WIB
header img
Pendiri Garuda Food mengaku saat kecil sering jadi korban Bully (Foto: iNews.id)

Saat usia 16 tahun, dia juga pernah dikatai miskin oleh kakak salah satu temannya yang kaya raya. Hal itu membuat dia hampir berkelahi dengan kakak temannya tersebut.

"Saya pergi dengan teman sangat mampu. Sampai rumah, kakaknya berkacak pinggang dan tanya dari mana? Lalu sempet nyeletuk, 'Enggak usah pergi sama orang kere (miskin)'. Saya marah, hampir berantem tapi dipisah," tuturnya.

Hal itu dia cerita ke ibunda tercinta dan sang ibu merasa sangat terpukul sampai menangis. Kejadian tersebut, kata Sudhamek membuat luka batin. 

Dia yang beranjak dewasa akhirnya melakukan perubahan saat duduk di bangku kuliah. Selepas mendapat gelar sarjana, dia bekerja di perusahaan orang lain. Padahal ayahnya memiliki perusahaan sendiri yang memproduksi biskuit.  

"Dari TK sampai SMA saya nakal. Sekolah serius waktu mahasiswa sampai ambil 2 jurusan. Lulus kuliah saya bekerja di perusahaan lain karena tidak mau bebani ayah saya. Saya tidak menyadari keptusan itu tidak membuat ayah saya happy," ujar konglomerat dengan gelar sarjana ekonomi dan hukum dari Universitas Kristen Satya Wacana itu.

Tiga tahun bekerja di perusahaan orang, dia akhirnya memutuskan kembali dan membesarkan perusahaan keluarganya. Itu dilakukan setelah kakak-kakaknya bersedia memenuhi syarat yang diajukannya.  

"Saya siap bantu tapi dengan satu kondisi, hubungan atasan dan bawahan, bukan kakak-adik karena kalau saya memimpin sebagai adik paling kecil enggak bisa jadi effective leader. Setela hampir 3 tahun, mereka baru katakan oke," tuturnya.

Dia bersama saudaranya pun membesarkan perusahaan keluarga, mengembangkan dari hanya kacang kulit, ke kacang atom dan produk lainnya. Pengalamannya di perusahaan besar sebelumnya menjadi bekal dia membesarkan Garuda Food.

Mengutip laman Garuda Food, sebelum membesarkan Garudafood, Sudhamek pernah menduduki sejumlah jabatan penting di berbagai perusahaan, antara lain Direktur Utama PT Trias Sentosa Tbk (1990-1991), Direktur Eksekutif Djuhar Group (1991-1994), dan Vice President PT Posnesia Stainless Steel Industry, sebuah perusahaan joint venture dengan Posco, Korea Selatan (1994-1997).

Setelah itu, pria kelahiran Rembang, 20 Maret 1956 ini menjadi Direktur Utama Garuda Food dan Presiden Direktur PT Tudung Putra Putri Jaya (TPPJ) hingga 2012.

Selain itu, Sudhamek juga mendirikan PT Bina Niaga Multiusaha Steel pada 1997, produsen baja dengan spesifikasi khusus dan PT Dharma Agung Wijaya pada 2005, yang merupakan induk perusahaan yang bergerak di bidang kelapa sawit dan renewable energy.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut