get app
inews
Aa Read Next : Kembalikan Formulir Pendaftaran, Mimpi Boby Bila Terpilih Jadi Ketua Askab PSSI Karanganyar

PSSI Buka Komunikasi dengan EAFF, Serius Tinggalkan AFF? Ini 10 Calon Lawan Timnas Indonesia di EAFF

Selasa, 19 Juli 2022 | 19:10 WIB
header img
PSSI resmi membuka komunikasi dengan EAFF (Foto: PSSI)

KARANGANYAR,iNews.id - PSSI tanpaknya serius ingin hijrah ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) meninggalkan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) pasca nota keberatan dugaan adannya permainan gajah saat piala AFF U-19 2022 tak mendapatkan respon.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan membenarkan bila pihaknya telah membuka komunikasi dengan Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF). 

"Iya (komunikasi dengan EAFF) sudah menyampaikan kita lewat Sekjen. Mungkin dia (EAFF) seneng aja kalo kita masuk," papar Iriawan kepada awak media yang juga dihadiri Tim MNC Portal Indonesia (MPI) di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta pada Selasa (19/7/2022).

Sekadar diketahui, pencinta sepakbola Tanah Air mendorong PSSI untuk gabung EAFF dan meninggalkan Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF). Sekarang yang jadi pertanyaan, siapa saja anggota EAFF?

Untuk EAFF sendiri tergabung 10 negara. Mereka ialah Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, China, Taiwan, Mongolia, Guam, Kepulauan Mariana Utara, Hong Kong dan Makau. EAFF sendiri berdiri sejak 2002.

Sama seperti AFF, EAFF juga memiliki turnamen regional seperti Piala AFF, yakni bertajuk EAFF Football Championship. Seluruh anggota EAFF ambil bagian di ajang ini. Dari delapan kali penyelenggaraan sejak 2003, Korea Selatan tercatat sebagai tim tersukses di ajang ini dengan koleksi lima gelar.

Hanya saja, 10 negara di atas tidak langsung bentrok di babak yang sama. EAFF Football Championship menggunakan format yang berbeda ketimbang Piala AFF. Di Piala AFF, seluruh anggota  langsung bermain, yang mana dibagi ke dalam dua grup, yakni Grup A dan B.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut