get app
inews
Aa Read Next : Kandaskan Hartono Bersaudara, Inilah Orang Terkaya di Indonesia, Hartanya Mencapai Rp400,7 Triliun

Deretan Crazy Rich Pemilik Batu Bara, Miliki Harta Hingga Puluhan Triliun Rupiah

Jum'at, 15 Juli 2022 | 14:00 WIB
header img
Deretan Crazy Rich Pemilik Batu bara

KARANGANYAR, iNews.id - Beberapa konglomerat ini mendapatkan kekayaan mereka dari bisnis batu bara yang digelutinya. 

Ada sejumlah daftar crazy rich pemilik batu bara yang masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa bisnis batu bara yang mulai ramai pada 2000-an ini berhasil mencetak sederet crazy rich yang memiliki kekayaan hingga puluhan triliun rupiah.

Siapa saja yang masuk daftar crazy rich pemilik batu bara di Indonesia? Seperti yang disadur iNewskaranganyar.id dari IDXChannel berikut beberapa daftar crazy rich dari batu bara sebagai berikut.  

5 Daftar Crazy Rich Pemilik Batu Bara

1. Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong merupakan pendiri dari Bayan Resources. Namanya masuk dalam jajaran daftar crazy rich pemilik batu bara. Kekayaan pria kelahiran Singapura ini bahkan mencapai USD3,8 miliar atau setara dengan Rp55,7 triliun. Ia menempati posisi ke-18 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes dan menempati posisi ke-801 untuk kategori dunia. 

Kekayaannya bertambah juga tidak terlepas dari naiknya harga saham pertambangan dan batu bara miliknya, PT Bayan Resources Tbk (BYAN).  Berdasarkan laporan keuangan perseroan sampai dengan 31 Maret 2021, emiten dengan kode saham BYAN milik Low Tuck Kwong bahkan mencatatkan pendapatan sebesar USD783,8 juta, dari tahun sebelumnya hanya USD501 juta.

2. Garibaldi Thohir

Garibaldi Thohir merupakan kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir. Ia merupakan salah satu pendiri Astra. Pria yang akrab disapa Boy Thohir ini juga masuk sebagai orang terkaya di Indonesia di urutan ke-17 versi Majalah Forbes. Total kekayaannya tercatat sebesar USD2,6 miliar atau sekitar Rp37,24 triliun. 

Salah satu sumber kekayaan terbesarnya berasal dari kepemilikan sahamnya di PT Adaro Energy. Meski bisnis terkuatnya ada di sektor batu bara, namun kiprah bisnis Garibaldi Thohir tak hanya di sektor ini. Boy juga tercatat menjadi pemilik perusahaan pembiayaan WOM Finance, operator perusahaan air minum, hingga jaringan restoran Hanamasa.

3. Kiki Barki

Kiki Barki juga menjadi salah satu crazy rich yang kaya karena bisnis batu bara. Kiki Barki Makmur alias Ji Qihui mendirikan Tanito Harum bergiat dalam penambangan batu bara pada 1988. Ia lantas mendirikan PT Harum Energy Tbk (HRUM) pada 1995 dan menguasai sebanyak 79,79% saham HRUM sampai saat ini. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan batu bara. Berdasarkan data Forbes, kekayaan Kiki Barki mencapai USD1,9 miliar atau setara dengan Rp27,8 triliun. 

4. Edwin Soeryadjaya

Tjia Han Pun atau Edwin Soeryadjaya juga menjadi konglomerat yang tajir melintir karena bisnis batu bara. Setelah tahun 2000, pertambangan batu bara menggeliat di Indonesia. Edwin Soeryadjaya pun belakangan masuk ke dalam bisnis ini. Ia bersama Garibaldi, Benny Subianto, Sandiaga Uno, dan Teddy Rachmat bergabung mengambil alih Adaro dari pemilik lama. Edwin Soeryadjaya pun berhasil menjadi salah satu orang terkaya atas bisnisnya di Adaro maupun di Saratoga. Kekayaannya mencapai USD1,5 miliar atau setara dengan Rp22 triliun. 

5. Arini Subianto

Salah satu wanita terkaya di Indonesia, Arini Saraswaty Subianto atau Arini Subianto juga mendapatkan kekayaannya dari bisnis batu bara yang dijalaninya. Ia merupakan bos dari Persada Capital Investama yang bergerak di sektor perkebunan sawit, investasi, pertambangan batu bara, dan pengolahan kayu. 

Persada Capital tercatat juga menjadi salah satu pemegang saham Adaro, perusahaan penambang batu bara terbesar di Indonesia. Di usianya yang baru 51 tahun, Arini telah memiliki kekayaan bersih mencapai USD975 juta atau setara Rp14 triliun. Ia menempati urutan ke-44 sebagai orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes.

Itulah beberapa daftar crazy rich pemilik batu bara yang juga merupakan orang terkaya di Indonesia. Para crazy rich ini berhasil mengumpulkan kekayaannya dari bisnis batu bara yang saat ini tengah menguat. Tak heran jika para pemilik bisnis batu bara ini mampu mengumpulkan kekayaan bersih hingga mencapai puluhan triliun rupiah

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut