get app
inews
Aa Read Next : Mitos Gunung Selok Cilacap, Misteri Terselubung Gua Naga Raja di Bibir Pantai Samudra Indonesia

Inilah 5 Daerah Terkaya Pemilik Cadangan Minyak Bumi Melimpah di Indonesia

Minggu, 28 Agustus 2022 | 09:39 WIB
header img
Inilah 5 Daerah Terkaya Pemilik Kilang Minyak Terbesar di Indonesia 2022 (Foto: MNC Media)

KARANGANYAR,iNews.id - Deretan daerah di Inonesia ini memiliki kilang minyak terbesar yang terdapat di Indonesia. Daerah tersebut diketahui memiliki cadangan minyak bumi yang cukup melimpah.

Utamanya, kilang minyak digunakan untuk memproduksi produk seperti bahan bakar diesel, minyak tanah, bensin dan lain sebagainya. Tak hanya itu, Kilang minyak juga menjadi sebuah tempat fasilitas pembuatan minyak mentah yang nantinya akan dijadikan produk petroleum.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kami akan mengulas mengenai daerah-daerah yang memiliki kilang minyak terbesar di Indonesia. Berikut telah kami rangkum informasinya dari berbagai sumber.

5 Daerah Pemilik Kilang Minyak Terbesar di Indonesia

1. Kilang Minyak Cilacap

Cilacap, Jawa Tengah menjadi salah satu pemilik kilang minyak terbesar di Indonesia. Pasalnya, kilang minyak Cilacap atau Refinery Unit IV Cilacap ini memiliki kapasitas produksi mencapai 348.000 barel per hari.

Diketahui jika kilang minyak tersebut juga dapat memasok 34 persen kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) nasional atau setara dengan 60 persen Bahan Bakar Minyak di Pulau Jawa.

2. Kilang Minyak Balikpapan

Berikutnya ada Balikpapan yang menjadi daerah dengan kilang minyak terbesar di Indonesia. Refinery Unit V Balikpapan ini diketahui memiliki kapasitas produksi mencapai 260.000 barel per hari.

Dengan kapasitas sebesar itu, kilang minyak tersebut mampu memasok 26 persen kebutuhan Bahan Bakar Minyak di Indonesia. Produk BBM Seperti Premium, solar dan Pertamax juga diproduksi disana.

3. Kilang Minyak Musi

Selanjutnya yakni Refinery Unit III Plaju atau kilang minyak Plaju. Kilang minyak yang terdapat di tepi Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan ini juga menjadi salah satu kilang minyak terbesar di Indonesia.

Diketahui jika kilang minyak tersebut memiliki kapasitas produksi mencapai 127.300 barel per hari. Adapun hasil produknya seperti Fuel Oil, LPG, Avtur, Premium Kerosene, dan masih banyak yang lainnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut