get app
inews
Aa Read Next : Begini Jawaban Mahfud MD Kala Ditanya Ajakan Ngopi Prabowo: Silakan Aja Kalau Pak Anies mau

Deretan Negara Pemasok Alutsaiata Terbesar di Dunia, Mana Saja?

Selasa, 12 Juli 2022 | 22:21 WIB
header img
Rudal milik Rusia. (Foto: Reuters)(Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa negara yang dikenal sebagai pemasok alutsista (alat utama sistem senjata) terbesar di duni. Pertahanan militer merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki suatu negara guna melindungi kedaulatannya. 

Karenanya, untuk mendukung sistem pertahanan, negara perlu membekali kekuatan militernya dengan persenjataan memadai. Melansir berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya: 

1. Amerika Serikat 

Negara ini merupakan pengekspor senjata utama terbesar di dunia. Melansir Defense News, Amerika Serikat mengirimkan 76 persen lebih banyak material dibandingkan Rusia.  

Amerika Serikat memasok 37 persen pasar penjualan persenjataan global selama periode 2016-2020, dengan target penjualan ke 96 negara. Separuh dari penjualannya masuk ke Timur Tengah, serta didukung oleh meningkatnya permintaan pesawat militer canggih Amerika di benua Eropa, Australia, Jepang, dan Taiwan.


pesawat tempur AS

2. Rusia 

Negara ini memasok seperlima bagian dari seluruh pengiriman senjata internasional. Melansir Statista, sejak tahun 2016-2020, Rusia secara rutin mengekspor persenjataan mereka ke negara-negara, seperti Algeria, Vietnam, Belarusia, Kazakhstan, Angola, bahkan juga ke India dan China. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut