get app
inews
Aa Read Next : Gagal Perang Sarung di Nayu Solo, 1 Pelaku Diamankan

Asal Usul Sapi Limosin, Sapi Raksasa dan Mahal, Hewan Favorit Presiden Jokowi untuk Berkurban

Sabtu, 09 Juli 2022 | 19:52 WIB
header img
Mengapa Presiden Jokowi selalu pilih sapi jenis Limosin untuk kurban di Idul Adha? (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR,iNews.id - Sapi kurban Presiden Jokowi yang diserahkan ke masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta berjenis Limosin. 

Setiap tahun, setiap Idul Adha, orang nomer satu di Republik Indonesia ini selalu memilih sapi jenis Limosin ini untuk dibagikan ke masjid-masjid di seluruh Indonesia sebagai hewan kurban.

Mengapa mantan Walikota Solo ini selalu memilih hewan kurban sapi dari jenis Limosin. Padahal harga satu ekor sapi jenis ini mencapai Rp 100 juta lebih.

Sapi jenis Limosin ini ternyata bisa dikatagorikan sapi kasta paling tinggi. Tak hanya Kepala Negara, ternyata sapi jenis ini yang terbilang paling sering diminati oleh masyarakat Indonesia.

Tak heran, setiap Idul Adha, Sapi limosin ini menjadi incaran bagi masyarakat Indonesia untuk berkurban karena dagingnya yang cukup banyak. Selain memiliki daging cukup banyak, Sapi Limosin juga merupakan jenis sapi potong yang berotot.

Dibandingkan sapi-sapi lainnya, badan sapi yang berasal dari daerah Limosin dan Marche, Prancis ini berbadan besar dan kekar. Daya tarik lain selain berbadan besar dan kekar, berbulu harus dan memiliki kerangka tulang yang kuat itu menjadi daya tarik tersendiri.

Tak heran bila bobot sapi ini sendiri, berat badannya mencapai 650 kg untuk yang betina dan untuk sapi limosin jantan bobotnya mencapai hingga 1.000 kg.

Daya tarik sapi jenis Limosin ini memiliki bentuk kepala yang kecil dan pendek dengan dahi yang lebar serta moncong yang lebar serta warna merah keemasan. Ditambah warna kuning di panggal tanduk dan menggelap ke arah ujung menambah kesan eksklusif dikelas persapian.

Awal mula sapi Limosin

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut