get app
inews
Aa Read Next : Mitos Kekuatan Ilmu Pelet Gunung Galunggung, Hingga Misteri Berdirinya Kerajaan Pasundan Galunggung

Berawal Pedagang Keliling, Saleh Budiman Sukses Dirikan PO Budiman Penguasa Jalur Selatan

Rabu, 06 Juli 2022 | 12:58 WIB
header img
Saleh Budiman Pedagang kecil keliling sukses mendirikan PO Budiman hingga akhirnya mendapatkan julukan penguasa Jalur Selatan (Foto: tangkapan Layar Youtube)

TASIKMALAYA,iNews.id - PO Budiman termasuk Perusahaan Otobus yang sudah berdiri sejak lama. Perusahaan bus yang bisa dikatakan penguasa jalur Selatan Jawa Barat ini berdiri sejak tahun 1992.

Dan nama PO Budiman yang bermarkas di Tasikmalaya itu sendiri diambil dari nama belakang sang pemiliknya sendiri yaitu Saleh Budiman.

Seperti di lihat iNewskaranganyar.id dari chanel youtube mas tompel transportation, Saleh Budiman awalnya adalah seorang pedagang kecil keliling. Berkat kegigihan serta kegemaran menabung yang dimiliki Saleh Budiman, maka dirinya mampu membeli satu unit bus bekas.

Bus bekas yang dibelinya ini untuk melayani jarak dekat sekitar jalur selatan. Meski hanya memiliki satu unit bus, namun Saleh Budiman mampu mengelola dengan baik. Hingga akhirnya Saleh Budiman mampu membli 25 truk.

Dan akhirnya di tahun 1992, Saleh Budiman membeli 4 unit bus sekaligus memutuskan mendirikan sebuah perusahaan otobus yang diberi dengan namannya sendiri, PO Budiman.


PO Bus Budiman penguasa jalur selatan Jawa Barat 

Awalnya, dengan 4 unit bus bermesin Mercedez Benz yakni of 113 bermesin depan, PO Budiman hanya membidik trayek jalur selatan Jawa Barat. Ternyata, kehadiran PO Budiman ini mendapatkan sambutan luar biasa dari masyarakat.

Akhirnya, PO Budiman inipun berkembang dengan cukup pesat. Kini PO budiman memiliki 700 unit bus. Bertambahnya usia membuat Saleh Budiman menyerahkan usahannya itu pada anak keduannya, Dede Sudrajat.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut