get app
inews
Aa Read Next : Arti Mimpi Umroh ke Tanah Suci Menurut Islam Pertanda Apa?

Apa Itu Haji Furoda? Mengapa Biayanya Capai Rp300 Juta, Begini Penjelasannya

Rabu, 06 Juli 2022 | 10:59 WIB
header img
Mengenal Haji Furoda, Haji Plus dan Haji Reguler (Foto: Dok iNews.id)

JAKARTA,iNews.id - Belum lama ini ramai dibicarakan sebanyak 46 jemaah haji asal Indonesia terpaksa dideportasi. 

Berita dideportasinya jemaah haji dari Tanah Suci menyusul penggunaan haji furoda jelas memunculkan pertanyaan seputar program tersebut. 

Pasalnya, selama ini masyarakat hanya mengenal dua sistem untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Yaitu haji plus dan haji reguler

Munculnya haji furoda menimbulkan pertanyaan apa perbedaannya dengan haji plus dan haji reguler? Dan apakah haji furoda itu resmi. Bila resmi mengapa sampai ada yang dideportasi.

Biaya haji furoda jauh lebih mahal dibandingkan haji plus atau haji reguler. Haji furoda biayanya bisa mencapai Rp300 juta per orang untuk bisa berangkat ke Tanah Suci.

Sedangkan tata cara ibadah haji tidak ada perbedaan sama sekali. Baik haji furoda, haji plus dan haji reguler. perbedaan hanya terdapat di aspek pembiayaannya. Umumnya, biaya haji furoda jauh lebih tinggi dari pada haji plus dan haji reguler.

Beda Haji Plus dan Haji Furoda 

Apakah Haji Furoda Legal? Haji furoda adalah layanan haji yang visanya didapatkan sendiri dari pemerintah Arab Saudi atau dikenal dengan visa mujamalah. 

Sehingga, keberadaan haji furoda adalah legal. Menurut Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief haji furoda menggunakan kuota di luar haji resmi pemerintah. 

Untuk mendapatkan visanya, calon jemaah bisa membeli langsung di travel haji furoda terpercaya, seperti Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Hilman menjelaskan, Kemenag tidak secara langsung mengelola jamaah haji dengan visa mujamalah karena merupakan hak Pemerintah Arab Saudi untuk mengundang mitra mereka sebagai penghargaan, penghormatan dukungan diplomatik dan lainnya.  

Haji furoda adalah program ibadah haji khusus tanpa antre. Sedangkan, haji khusus biasanya masih menggunakan waktu antre namun lebih cepat dari kuota pemerintah.

Nah, jadi sudah jelaskan pengertian haji furoda adalah ibadah haji tanpa antre? Semoga bisa menambah wawasan kamu ya!

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut