get app
inews
Aa Read Next : Benarkah Arti Mimpi Hadiri Pernikahan Suatu Pertanda Baik Atau Sebaliknya?

Simak! Ini Arti Mimpi Naik Haji dan Ibadah Umroh ke Tanah Suci Menurut Syekh Abdul Ghani an-Nabulusi

Senin, 12 Juni 2023 | 19:24 WIB
header img
Simak! Ini Arti Mimpi Naik Haji dan Ibadah Umroh ke Tanah Suci Menurut Syekh Abdul Ghani an-Nabulusi Ilustrasi Umroh/Doc SINDOnews

JAKARTA, iNewskaranganyar.id - Bisa naik Haji atau berangkat Umroh ke Tanah Suci merupakan impian semua umat muslim. Terkadang kerinduan bisa ke Tanah Suci terbawa hingga kealam mimpi. 

Menurut Syekh Abdul Ghani an-Nabulusi, mimpi naik haji dan ibadah di Tanah Suci memiliki arti sendiri. Ibadah haji merupakan ibadah yang termasuk rukun Islam. Haji wajib dikerjakan selama seorang muslim mampu.

Dengan demikian, haji merupakan ibadah yang sangat diidam-idamkan oleh setiap muslim. Karena itu, sangat mungkin banyak muslim yang sampai terbawa mimpi melaksanakan ibadah haji.

Lalu, apakah ada arti mimpi naik haji dan ibadah di Tanah Suci?

Seperti dilansir dari NU Online, secara lugas Syekh Abdul Ghani an-Nabulusi menjelaskan:

“Barang siapa bermimpi melaksanakan ibadah haji, thawaf di Baitullah dan melaksanakan berbagai rangkaian manasik haji, maka mimpi demikian menunjukkan arti tentang kebaikan dirinya dalam menjalankan ajaran agama, istiqamah dalam manhaj yang dianutnya, mendapatkan pahala, aman dari hal yang ditakutkannya, ada hutang yang mampu dibayarnya, dan mendapatkan amanah yang mampu dipenuhinya kepada kaum muslimin.” (Abdul Ghani an-Nabulusi, Ta’thîrul Anâm fî Tafsîr Ahlâm, [al-Amiriyah], juz I, halaman 135).

Arti mimpi di atas ketika ia memang bermimpi melaksanakan haji secara komplit. Berbeda ketika dalam mimpinya hanya tergambar selintas melaksanakan salah satu rukun atau kesunnahan haji.

Sebab setiap amaliyah dalam haji memiliki arti tersendiri. Jika seseorang bermimpi melihat Hajar Aswad, maka menunjukkan kalau ia akan berangkat haji. Jika ia bermimpi mencium atau memegang Hajar Aswad, maka menunjukkan arti kalau ia mengikuti imam yang berasal dari tanah Hijaz (Makkah dan Madinah).

Sedangkan jika ia bermimpi melihat Hijr Isma’il, maka menunjukkan arti ia akan dikaruniai anak yang nanti akan merawatnya dan mencukupi kebutuhan dirinya selaku orang tua.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut