get app
inews
Aa Read Next : Intip Harta Kekayaan Sri Mulyani Setelah Tiga Kali Jadi Menteri dan Direktur Bank Dunia

Inspirasi Jumat: Harta Kekayaan Nabi Ibrahim dan Pengorbanan yang Luar Biasa

Jum'at, 24 Juni 2022 | 06:02 WIB
header img
Kisah Nabi Ibrahim bapaknya para Nabi (Foto: Sindonews)

KARANGANYAR, iNews.id - Nabi Ibrahim dijuluki "Khalilullah" yang artinya kekasih Allah. Dikisahkan, setelah gelar Al-Khalil disandang beliau, para Malaikat bertanya kepada Allah:

"Ya Tuhanku, mengapa Engkau menjadikan Ibrahim sebagai kekasih-Mu. Padahal ia disibukkan oleh urusan kekayaannya dan keluarganya?"

Allah berfirman: "Jangan menilai hamba-Ku Ibrahim ini dengan ukuran lahiriyah, lihatlah isi hatinya dan amal baktinya!"

Nabi Ibrahim 'alaihissalam dikenal sebagai Bapaknya para Nabi (Abul Anbiya).

Beliau adalah sosok panutan yang berkat doanya, Allah mengangkat seorang Rasul dari keturunannya menjadi penutup para Nabi yaitu Nabi Muhammad shollallohu 'alaihi wasallam.

Tahukah Anda berapa harta kekayaan Nabi Ibrahim ? Barang kali kita hanya mengetahui Nabi yang kaya adalah Nabi Sulaiman 'alaihissalam. Selain Nabi Sulaiman, Allah juga memuliakan Nabi Ibrahim dengan kekayaan melimpah.

Sebagai realisasi dari firman-Nya, Allah Ta'ala mengizinkan pada Malaikat menguji keimanan serta ketakwaan Nabi Ibrahim.

Ternyata, kekayaan dan keluarganya tidak membuat Nabi Ibrahim lalai kepada Allah. Dalam Kitab Misykatul Anwar disebutkan, Nabi Ibrahim memiliki 1.000 ekor domba, 300 lembu, dan 100 ekor unta.

Riwayat lain menyebut kekayaan Nabi Ibrahim mencapai 12.000 ekor ternak. Jumlah kekayaan yang pada zamannya tergolong sangat kaya. Di zaman sekarang mungkin termasuk seorang Miliuner.

Suri Tauladan Bagi Pengusaha

Allah menganugerahi para Nabi dan Rasul kekasih-Nya berupa harta dan tidak pernah merasa kekurangan. Nabi Ibrahim termasuk orang yang dimuliakan dengan kekayaan yang banyak.

Sebagaimana diketahui, para Nabi dan Rasul umumnya bekerja menggembala kambing dan berdagang. Diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah ia berkata.

"Ketika itu kami bersama Rasulullah SAW di Marr Az-Zhahran memetik buah Arak (yang batangnya biasanya dijadikan untuk bersiwak) lalu beliau bersabda: "Hendaklah kalian memetik yang hitam, karena itu yang paling baik.

Lalu mereka bertanya, "Apakah engkau menggembala kambing?" Rasulullah SAW menjawab: "Bukankah tiada seorang Nabi pun kecuali telah menggembalakannya?"

Dalam satu riwayat (Al-Hakim dalam Al-Mustadrak 2/612) disebutkan, Allah menjadikan Nabi Ibrahim sebagai mercusuar dalam menjamu tamu yang datang.

Hal ini disebutkan dalam firman Allah: "Sudahkan sampai kepadamu (Muhammad) cerita tentang tamu Ibrahim (para Malaikat) yang dimuliakan? Ingatlah ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan: "Salamun (salam)". (Mereka itu) orang-orang yang belum dikenalnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut