get app
inews
Aa Read Next : 7 Pinjol Legal Cepat Cair Bulanan, Terdaftar Resmi OJK

Profil Imam Rachman Dirut PT BEI Pilihan OJK, Intip Harta Kekayaan Mantan Direksi Pertamina Ini

Jum'at, 22 Juli 2022 | 09:10 WIB
header img
Iman Rachman resmi diangkat sebagai Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (Foto: iNews.id)

KARANGANYAR,iNews.id - Nama Imam Rachman mungkin masih asing terdengan di telinga publik. Namun dilingkungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) namannya sudah tak asing lagi. Apalagi setelah Iman Rachman resmi diangkat otoritas keuangan itu sebagai Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2022-2026. 

Sederet jabatan mentereng pernah dsandang oleh Imam Rachman sebelum Dewan Komisioner OJK telah menyetujui pergantian direksi BEI melalui keterangan resminya pada Selasa, 21 Juni 2022. Sebelum Nama Iman Rachman tercatat dalam surat edaran OJK yang beredar di kalangan pelaku pasar modal, Imam pernah menjabat sebagai salah satu Direksi di PT Pertamina (Persero).

Lantas, berapa harta kekayaan Iman Rachman? Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2021, IDXChannel merangkumnya sebagai berikut. 

Harta Kekayaan Iman Rachman Direktur Utama BEI

Sebelum terpilih sebagai Direktur Utama BEI, Iman Rachman merupakan menjadi salah satu direksi di PT Pertamina (Persero). Ia menjabat sebagai Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha PT Pertamina (Persero) sejak 2020 lalu.

Terpilihnya Iman Rachman menempati posisi strategis di BEI ini juga sekaligus menggantikan Inarno Djajadi yang masuk jajaran Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK-OJK).


Profil Imam Rachman Dirut PT BEI Pilihan OJK (Foto; iNews.id)

1. Karier dan Jabatan Iman Rachman

Iman Rachman merupakan lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran. Ia kemudian meraih gelar Master of Business Administration di Finance di Leeds University Business School, Leeds, West Yorkshire, Inggris. Usai menyelesaikan studinya di Leeds University, Iman banyak berkecimpung di dunia sekuritas. 

Dilansir dari laman resmi Pertamina, Selasa (28/6/2022), sebelum menjadi Direktur Pertamina, Iman menjabat sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) (2019-2020), Direktur Keuangan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) (2016-2018), dan Direktur Investment Banking PT Mandiri Sekuritas (2003-2016).

2. Harta Kekayaan Iman Rachman

Berdasarkan data LHKPN per 31 Desember 2021, total kekayaan Iman Rachman saat ini mencapai angka Rp38,8 miliar. Jumlah harta Iman tercatat naik 22,8 persen dibandingkan tahun pelaporan 2020 yang sebesar Rp31,7 miliar. Harta kekayaan ini mencakup beberapa aspek seperti kepemilikan tanah dan bangunan, alat transportasi dan mesin, surat berharga, kas setara kas, serta harta bergerak lainnya.

Iman tercatat memiliki tanah dan bangunan dengan nilai mencapai Rp13,6 miliar. Tanah dan bangunan ini terbagi menjadi beberapa tanah dan bangunan di Jakarta Selatan yang merupakan hasil sendiri, satu bidang tanah dan bangunan di Depok yang juga hasil sendiri, Serta sebuah tanah dan bangunan di Tangerang Selatan yang merupakan warisan. 

Tak hanya tanah dan bangunan, Iman juga memiliki alat transportasi yang nilainya mencapai Rp1,63 miliar. Alat transportasi yang dimaksud adalah tiga unit mobil yakni Mercedes Benz CLA 200 tahun 2016, Jeep Wrangler tahun 2011, dan Honda CRV tahun 2019.

Harta lainnya yang dimiliki Direktur Utama BEI yang baru ini antara lain  kas setara kas senilai Rp24,6 miliar, harta bergerak lainnya senilai Rp1 miliar, surat berharga senilai Rp632,3 juta, dan harta lainnya dengan total nilai Rp27,3 juta.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut