Kisah Jenderal Kopassus Kenang Pertemuan dengan Bekas Musuh di Kalimantan, Endingnya Saling Tertawa

Rizal Bomantama
Jenderal Purnawirawan AM Hendropriyono (Foto: SINDOnews)

Puluhan tahun kemudian, pada 2005, Hendropriyono yang sudah pensiun dari TNI akhirnya bertemu dengan sang mantan musuh. Dia mengenang pertemuan dengan Bong Khee Chok terbilang cukup manis dan berlangsung dengan hangat.

Reuni antarmantan musuh ini berawal dari niat Hendropriyono yang hendak membuat buku dan membutuhkan informasi dari pihak PGRS. Dia ingin bertemu kembali dengan sang mantan musuh. Hendropriyono lalu mengontak kenalannya di Malaysia, kepala BIN Malaysia saat itu, Datuk Zakaria, yang mengaku mengenal dekat Bong Khee Chok. 

Menurut Datuk Zakaria, Bong Khee Chok cukup dikenal rakyat Malaysia. Mereka sepakat bertemu di Singapura sebagai tempat yang dianggap netral. Pertemuan ini ternyata menyimpan kisah lucu. Hendropriyono sempat salah orang. Sopir disangkanya Bpng Khee Chok.


AM Hendropriyono (tengah) dan Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) semasa muda. (Foto: IG/AM Hendropriyono)

“Datang ni orang, disambut dan dipotret sama orang BIN. Pas mau saya salamin, dia bilang, oh bukan saya, saya driver-nya. Yang datang itu ternyata sopirnya duluan. Salah potret deh,” kata Hendropriyono.

Sementara Bong Khee Chok saat itu memang sengaja tidak langsung muncul. Dia mengamati situasi terlebih dahulu. Setelah merasa aman, dia pun turun dari mobil dan mendatangi Hendropriyono.

Akhirnya setelah 38 tahun berlalu, Hendropriyono bisa bertemu dengan bekas musuhnya. Bong Khee Cok saat itu lebih banyak diam. Namun, Hendropriyono yang supel berhasil mencairkan suasana yang kaku.

"Akhirnya muncul Bong Khee Chok. Pendek ternyata, nggak kayak orang China umumnya. Kulitnya hitam," kata Hendropriyono mengenang pertemuan itu.

Editor : Ditya Arnanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network