Setelah 2 Tahun, Perayaan Waisak Kembali Digelar di Vihara Dhamma Sundara Kota Solo

Bramantyo
Umat Buddha di kota Solo merayakan perayaan hari raya trisuci Waisak (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

SOLO, iNews.id - Umat Buddha di kota Solo memperingati hari Trisuci Waisak 2566/2022 yang dipusatkan di Vihara Dhamma Sundara yang berlokasi di Kelurahan Pucangsawit, Jebres.

Perayaan hari raya Waisak kali ini sangat spesial. Pasalnya, selama dua tahun, umat Buddha, khususnya di Kota Solo, tak bisa merayakan perayaan hari suci Trisuci di Vihara menyusul pandemi Covid-19.

Seksi Upacara Vihara Dharma Sundara Romo Sutrisno sebut detik-detik Waisak dimulai dengan upacara Pradaksina.

Dimana, umat Buddha mengelilingi stupa (Dharmasala) sebanyak tiga kali. Namun karena stupa sedang dalam tahap renovasi maka upacara pradaksina dilaksanakan di dalam ruangan.

Dalam upacara Pradaksina (mengelilingi) stupa sebanyak tiga kali memilik makna berlindung pada Buddha, berlindung pada Dhamma dan Sangha. 

"Artinya mengajak untuk melihat kedalam (intropeksi) diri agar lebih mawas diri," papar Romo Sutrisno, pada wartawan, Senin (16/5/2022).

Setelah melaksanakan tradisi pradaksina, selanjutnya dilaksanakan puja dengan pembacaan paritta-paritta suci kemudian menyambut detik-detik Waisak dengan melaksanakan meditasi. 

Peringatan Waisak tahun ini dengan tema Modernisasi Beragama, Membangun Kedamaian, ungkap Sutrisno, agar bisa menjadi ummat yang moderat untuk membangun kedamaian bagi sesama. 

"Kita ingin mengajak membawa kedamaian di tengah perbedaan. Bahwa perbedaan itu bukan menjadi masalah namun justru saling melengkapi demi kedamaian dan ketenangan," pesannya.  

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network