get app
inews
Aa Read Next : Catat! Harga Tiket Festival Lampion Waisak 2023 di Candi Borobudur

5 Fakta Reza Arap Pindah Agama Buddha, Sempat Tidak Percaya Tuhan, Surga, dan Neraka

Senin, 16 Mei 2022 | 19:21 WIB
header img

JAKARTA, iNews.id - Sosok Reza Arap menjadi sorotan publik. Terutama tentang kepercayaan yang dianut Youtuber satu ini.

Pasalnya, Pria 34 tahun ini memang sering disorot terkait berbagai pernyataan kontroversialnya perihal agama.

Terkesan selalu menyembunyikan agama yang dianut, Reza Arap justru membeberkan berbagai fakta mengejutkan dalam video podcast Deddy Corbuzier (19/10/2019). Dan faktanya Reza Arap telah pindah agama Buddha.

Adapun 5 fakta Reza Arap pindah agama Buddha yang dirangkum iNews.id adalah sebagai berikut.

1. Lahir sebagai muslim dan mempelajari semua agama

Reza Arap ternyata merupakan artis yang lahir dari ayah yang merupakan penganut agama Kristen dan ibu yang menjadi pemeluk Islam. Namun karena sang ayah telah meninggalkannya, Reza Arap lahir dan besar dengan ajaran agama sang ibu.

Meskipun menjadi seorang muslim, sang ibunda membiarkan Reza Arap mempelajari banyak agama. Reza Arap bahkan bersekolah di sekolah Kristen sejak TK hingga duduk di bangku SMA.

Tak hanya mempelajari agama Islam dan Kristen, personel Weird Genius ini juga mempelajari agama lain, seperti Hindu dan Buddha. 

2. Menghapus kata ‘Muhammad’ dalam namanya

Reza Arap mengaku bahwa dulunya, ia memiliki nama lengkap ‘Muhammad Reza Oktovian’. Namun nama pemberian sang ibu tersebut akhirnya ia ubah menjadi Reza Oktovian setelah menghilangkan kata ‘Muhammad’.

Tak tanggung-tanggung, Reza Arap bahkan telah meresmikan nama barunya tersebut secara hukum yang berlaku di Indonesia. Keputusannya tersebut diambil karena ia merasa tidak pantas menyandang nama Muhammad.

“Itu nama pemberian dari nyokap gue, bukan gue yang mau, gue tidak pernah memilih untuk punya nama itu dan gue merasa terbebani dengan nama itu karena everything’s in my body, my behaviour, my habit, a lot of things, my job,” tutur Reza Arap saat ditanyai alasan dirinya menghilangkan kata ‘Muhammad’ dalam namanya.

3. Pernah mengaku menjadi penyembah Indomie

Selain selalu menutup-nutupi agama yang dianut, Reza Arap pernah mengejutkan warganet kala mengaku menjadi penyembah Indomie.

Ia membuat pengakuan tersebut dalam sebuah caption unggahan di akun Instagram pribadinya saat berulang tahun yang ke-32.

“Hey kalian semua. Aku sedang berulang tahun hari ini. Yey! Aku ingin menggunakan momen ini untuk mengatakan beberapa hal jujur tentangku. Selama ini aku tak pernah membocorkan umur, nama lengkap atau bahkan mungkin agamaku di internet sebelumnya. Dan aku berbohong beberapa kali mengenai hal itu," tulis Reza Arap.

“Hal terakhir adalah mengenai agamaku. Saya menyembah indomie.” Pungkasnya.

Unggahan ini pun sontak menjadi perbincangan publik dan mendatangkan banyak hujatan dari warganet.

4. Memutuskan menjadi seorang atheis setelah mempelajari semua agama

Semakin beranjak dewasa, Reza Arap mengaku bahwa dirinya tidak merasakan keberadaan Tuhan dalam hidupnya. 

Maka dari itu, ia memutuskan untuk menjadi atheis dan tidak memilih agama atau menyembah apapun.

“Gue belajar Buddha, gue belajar Hindu, tapi kalau lo tanya sekarang gue apa, gue gak pernah tentuin dari gue bisa berfikir,” tutur Reza Arap.

Lebih lanjut, ia juga menolak ketika disebut sebagai agnostik karena dirinya memang tidak mempercayai Tuhan, surga, maupun neraka.

“Gue tidak mau menyebut agnostik, orang gue tidak milih apa-apa,” ungkap Reza Arap.

5. Memutuskan menjadi penganut agama Buddha

Menikah dengan Wendy Waltres yang beragama Buddha, Reza Arap turut mengikuti agama sang istri. Ia sebenarnya telah menunjukkan tanda-tanda akan menjadi pemeluk agama Buddha saat melakukan percakapan dalam video podcast Deddy Corbuzier.

“Ikutin Wendy aja, kalau menikah sama Wendy, Amin,” ungkap Reza Arap saat ditanya rencana agama yang hendak dianut.

Meskipun demikian, ia mengaku akan tetap menjadi pemeluk Buddha suatu hari nanti, bahkan jika dirinya tidak ditakdirkan bertemu dengan Wendy Waltres.

Reza Arap menganggap bahwa ajaran Buddha sangat sesuai dengan prinsip hidupnya. “Karena Buddha sesuai sama prinsipnya sama gue, baik ke semuanya,” kata Reza Arap.

Tak main-main, Reza Arap diakui sang istri telah mempelajari kitab suci Buddha dan mendatangi para biksu dan suhu sebelum memutuskan menjadi seorang Buddhis. Reza Arap bahkan telah meresmikan agama barunya ini secara hukum yang berlaku di Indonesia.

Itulah 5 fakta Reza Arap pindah agama Buddha setelah melalui perjalanan spiritual yang cukup panjang.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut