Menkopolhukam Sebut Hari Ketiga Kampanye Pilkada Serentak di Seluruh Indonesia Berjalan Kondusif 

Aviresta Midaada
Menkopolhukam Hari Tjahjanto (Aris/MNC)

MALANG, iNewskaranganyar.id - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Hari Tjahjanto mengaku memasuki masa kampanye Pilkada serentak di berbagai daerah, terpantau kondusif.

Hal usai pihak Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenpolhukam) beberapa kali melakukan rapat koordinasi dengan lintas kementerian dan lembaga.

"Saat ini masuk masa kampanye, saya ikuti mulai kemarin masih berjalan sesuai dengan keinginan kita bersama saat memimpin rapat-rapat koordinasi pengamanan Pilkada," ucap Hadi Tjahjanto, usai memberi kuliah umum di Universitas Merdeka (Unmer) Malang, Jumat (27/9/2024).

Hadi mengatakan, dari berbagai wilayah di Indonesia yang melaksanakan Pilkada serentak, Provinsi Jawa Timur menjadi wilayah yang dengan kerawanan rendah. Hal ini sesuai pemetaan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia.

"Saya lihat indeks kerawanan pemilu Jatim kerawanan rendah baik. Kita berkomitmen terus menjaga, pada waktu kita pimpin rapat koordinasi kesiapan, termasuk saya pimpin rakor untuk sentra Gakkumdu, bahwa ini adalah pengalaman pertama kita melaksanakan Pilkada serentak dalam sejarah," paparnya.

Ia berharap situasi kondusif selama masa kampanye ini terus dijaga oleh peserta Pilkada serentak di seluruh wilayah Indonesia, terutama di daerah-daerah yang memiliki kerawanan tinggi, salah satunya yakni Provinsi Papua Barat Daya, provinsi baru yang ada di Indonesia.

"Mudah-mudahan ini terus baik, sampai dengan 27 November semuanya berjalan dengan baik," tandas pria kelahiran Malang, Jawa Timur ini.

Sebagai informasi, tahapan Pilkada serentak di seluruh wilayah Indonesia kali ini memasuki tahapan kampanye. Tahapan kampanye ini dimulai sejak 25 September 2024 lalu hingga 23 November 2024 mendatang.

Setelah itu ada masa tenang selama tiga hari, hingga masa tahapan pemungutan suara pada Rabu 27 November 2024 mendatang.***

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network