Kemeriahan Pernikahan Cucu Pakubuwono XII, Angkat Budaya Jawa

Bramantyo
Prosesi Pernikahan Cucu Pakubuwono XI

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Rangkaian prosesi pernikahan cucu Pakubuwono XII. BRAj Wangi Pamor Kusumo dengan Adhieka Octavian Nur Zamman berlangsung Sabtu (31/8/2024) malam dan meriah.

Apalagi, kedua mempelai dikirab dengan menggunakan kereta kencana berkeliling kawasan Kraton. Dimulai dari Sasono Mulyo berkeliling lingkungan kraton dan kembali ke Sasano Mulyo.  

Kirab pengantin dengan kereta kencana tersebut juga diiringi dengan  arak-arakan sentono, abdi dalem juga prajurit musik, pembawa kembar mayang, pengayap (pendamping kereta kanan kiri). 

Semua prosesnya dilalui  sesuai dengan tradisi yang terus dijaga kelestariannya hingga saat ini termasuk kirab pengantin dengan kereta kencana. 

Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Karaton Surakarta Hadiningrat, GKR. Koes Moertiyah Wandansari yang biasa disapa Gusti Moeng ini sampaikan jika kirab pengantin ini merupakan upaya 'nguri-uri' budaya yang ada di Kraton Solo

"Tradisi ini adalah kemegahan budaya yang terus dijaga secara turun temurun," jelasnya kepada wartawan. 

Usai acara di pagi hari, malam harinya dilaksanakan acara resepsi dengan panggih temanten (temu manten) dengan beragam tradisinya termasuk acara injak telur oleh pengantin pria.

"Namun sebelum resepsi dilaksanakan acara kirab kelililng Kraton Solo," jelasnya. 

Gusti Moeng menyatakan, kirab ini menggunakan dua kereta kencana. Satu disiapkan untuk pengantin perempuan dan satu lagi digunakan untuk pengantin laki laki.

"Satu kereta ada pengantin perempuan dan orang tua (Gusti Madu dan istri) juga dan penganten laki laki bersama bapak ibunya," lanjut Gusti Moeng. 

Usai acara di pagi hari, malam harinya dilaksanakan acara resepsi dengan panggih temanten (temu manten) dengan beragam tradisinya termasuk acara injak telur oleh pengantin pria.

Gusti Moeng sampaikan rasa syukur acara pernikahan di Sasana Mulya bisa digunakan lagi usai dilakukan renovasi di beberapa bagian bangunan. 

"Dan prosesi pernikahan adat Keraton Kasunanan Surakarta, juga  tetapi menjadi daya tarik bagi masyarakat dan wisatawan yang ingin menyaksikan tata cara adat Jawa (kirab kereta ) yang masih terjaga sampai saat ini," pungkasnya.***

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network