KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - PT BPR Bank Daerah Karanganyar, Jawa Tengah (bank BDK) tahun ini berhasil meraih TOP GRC Award 2023. Terdapat dua penghargaan yang berhasil diraih bank BDK.
Penghargaan diterima Arianto Pramudjadi selaku Direktur Kepatuhan & Umum serta Haryono selaku Direktur Utama BDK yang menerima The Most Commited GRC Leader 2023. Penyerahan dua penghargaan tersebut disaksikan Komisaris Independen BDK Sumarno.
Penghargaan diatas kali kelima di tahun 2023 setelah sebelumnya menyabet gelar BPR Bintang 5 versi Majalah Business, raih Top Pembina BUMD 2023 dan raih Top CEO BUMD tahun 2023 serta Raih Platinum Awward dari Majalah Infobank.
Direktur Utama PT BPR Bank Daerah Karanganyar (Perseroda), H.Haryono, SE,MM mengatakan bahwa TOP GRC AWWARD 2023 ini adalah Bukti penilaian Tata Kelola BPR dan kinerja bisnis BDK tergolong sangat bagus dan Bisnis terus tumbuh berkualitas serta berkelanjutan dari penilaian Majalah TOP Business.
Tahun 2022 BDK juga telah mendapatkan TOP GRC hal ini membuktikan bahwa Manajemen Bank Daerah Karanganyar meliputi Pemilik Bupati Juliyatmono bersama Komisaris Utama Kurniadi Maulato, dan Komisaris Independen Sumarno, serta karyawan telah membangun masa depan bisnis BPR yang berkelanjutan berketahanan dan tangguh kedepannya.
Adapun yang menjadi bahan pertimbangan penilaian BDK meraih TOP GRC adalah Bank Daerah telah membuat Kelengkapan dokumen sistem Tata Kelola perusahaan spt SOP, budaya kerja, Code Of Conduct pedoman perilaku pegawai serta telah melaksanakan pengelolaan manajemen resiko bisnis BPR, meliputi Resiko operasional, resiko kredit, resiko reputasi, resiko kepatuhan, resiko strategik, resiko likuiditas, rentabilitas , resiko hukum telah dimitigasi semuanya dengan baik dan terkendali.
Kemudian, Implementasi GRC Good Risk Complaince di Bank Daerah Karanganyar (BDK) sudah dijalankan dengan baik.
Bagi yang melanggar aturan diberikan sangsi sesuai ketentuan yg berlaku ditegakkan reward dan punishment contoh bila karyawan melakukan pelanggaran berat ya berani sampai diberikan SP3 maupun memPHK karyawan.
Hal ini untuk menambah kepercayaan para nasabahnya bahwa pengelolaan dana para nasabahnya telah dikelola dengan baik dan profesional sehingga dijamin aman dan menguntungkan bagi semuanya.
Tak hanya itu, BDK memiliki Kinerja bisnis yang terus tumbuh asetnya secara berkualitas dan berkinerja keuangan sehat serta profitable. Hal menunjukkan manajemen perusahaan dikelola dengan baik dan profesional.
Dasar lainnya yaitu BDK telah melaksanakan pilar pilar GRC meliputi Transparansi (keterbukaan), Akuntabilitas (kinerja yang terukur), Responsibel (tanggung jawab), Profesional dan Fairnes (kewajaran).
Termasuk Top Leader manajemen BDK menjadi Kunci Keberhasilan GRC agar GRC menjadi Budaya Perusahaan dan para Leader di BDK menjadi keteladanan dan berkomitmeb menjalankan tata kelola perusahaan dengan baik bersama sama para larywan bawahanya.
Dengan Bank Daerah Karanganyar sudah menerapkan dan implementasikan GRC dengan baik hal ini BDK telah membangun masa depan BPR Yang tangguh dan berketahanan dalam berkinerja bisnis yang berkualitas dan berkelanjutan di masa depan.
“Harapan kami dengan penghargaan ini semakin menyemangati Direksi dan Komisaris serta seluruh karyawan untuk terus meningkatkan implementasi GRC di BDK,” pungkasnya.***
Editor : Ditya Arnanta
Artikel Terkait