Puluhan Batu Purbakala Ungkap Kehidupan Masa Silam Nias Masa Silam

Jonirman Tafonao/Danang Prabowo
Puluhan Batu Purbakala Ungkap Kehidupan Masa Silam Nias Masa Silam (MNC)

Mengawali dengan batu yang menyerupai manusia, bahwa dari setiap kelompok yang telah gugur dalam peperangan dan ataupun yang telah meninggal dunia maka kelompoknya akan membuat patungnya untuk selalu mengenangnya. 

“Batu yang menyerupai manusia, itu adalah patung orang yang berpengaruh dari kelompok mereka yang telah tewas oleh musuh dalam peperangan dan atau orang yang telah meninggal dunia,"papar Faiginasokhi.

"Makna dari patung itu agar selalu dikenang para keturuannya, dan sebagai sumber kekuatan mereka ketika ada peperangan dengan meminta roh dari yang meninggal itu untuk bersama-sama dengan mereka memenangkan peperangan” imbuhnya.

Meja dan kursi yang terbuat dari batu merupakan tempat bagi seorang raja disetiap acara ataupun ada pertemuan yang dihadiri rajanya.

“Kursi itu tempat duduknya raja, sementara meja tempat persembahan dari kelompoknya” katanya.

Selain itu, terdapat juga batu yang berbentuk hewan seperti rusa bebek dan lain sebagainya itu merupakan patung yang dipercaya sebagai sumber kekuatan mereka.

Apapun yang diminta, selalu berdoa kepada batu itu. Zaman dahulukala yang tidak mengenal yang namanya Tuhan, maka patunglah yang disembah.

“Batu yang berbentuk hewan, baik itu rusa bebek dan lain-lain, itu merupakan patung yang disembah sebagai sumber kekuatan biasanya sebagai guru mereka, ataupun dijadikan sebagai sumber kepercayaan mereka pada zaman itu” ucapnya.

Lanjutnya, bahwa demikian dengan bentuk batu lainnya semuanya mempunyai fungsi tersendiri. Ukiran setiap bentuk batu ini dikerjakan oleh budak-budak dikelompok itu. Orang yang anak yatim piatu diambil serta diurus untuk dijadikan pekerja di kerajaan atau kelompok mereka. 

Tempat hunian BAWAMENEWI dan ZIRAHALUO ini jaraknya tidak terlalu berjauhan dan saling berada di titik geogarafis yang tinggi (puncak). Bukan tanpa alasan, memilih tempat yang tinggi itu lokasi yang aman, setiap  musuh yang masuk menyusup diwilayah mereka cepat kelihatan dan langsung mencegatnya.

Dengan peradaban orang Nias pada zaman dahulukala yang demikian, sehingga ditemukan beberapa wilayah adanya batu-batu megalit. Seperti di Tundrumbaho yang berada di Desa Lahusa, Nias Selatan yang terdekat dari Desa Umbu Idanotae tersebut.***

Editor : Ditya Arnanta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network