Mengenal Perbedaan Jin, Setan, dan Iblis Menurut Alquran

Rusman H Siregar/Net Karanganyar
Mengenal Perbedaan Jin, Setan, dan Iblis Menurut Alquran

Dari ayat dan hadis di atas digambarkan bahwa setan itu terbagi atas dua jenis, yaitu setan dalam wujud manusia dan setan dalam wujud Jin. Dari sini ada indikasi bahwa yang namanya setan itu tidak selamanya identik dengan Iblis. 

"Allah menjadikan setan dari jenis manusia, seperti halnya setan dari jenis Jin. Dan hanyalah setiap yang durhaka disebut setan, karena akhlak dan perbuatannya menyelisihi akhlak dan perbuatan makhluk yang sejenisnya, dan karena jauhnya dari kebaikan." (Tafsir Ibnu Jarir, 1/49) 

Ibnu Katsir menyatakan bahwa setan adalah semua yang keluar dari tabiat jenisnya dengan kejelekan. (Tafsir Ibnu Katsir, 2/127). 

Sebutan setan ternyata tidak hanya diperuntukkan kepada bangsa Jin yang mengikuti Iblis, tetapi juga bangsa manusia. Setan merupakan semacam sifat buruk yang bisa dinisbatkan kepada Jin dan bisa juga dinisbatkan kepada manusia. 

Adapun Iblis sering disebut sebagai nenek moyang dari bangsa Jin. Dia adalah makhluk yang durhaka kepada Allah sehingga terusir dari surga. Iblis ini memiliki nama asli Azazil, makhluk pertama yang membangkang perintah Allah karena menolak bersujud kepada Adam. 

Karena menolak perintah Allah, Iblis pun dibuang dari surga dan menjadi musuh nyata bagi manusia hingga Hari Kiamat. 

Dalam rangka menjalankan misinya untuk menggoda manusia, Iblis memiliki balatentara dari bangsa Jin itu sendiri. Bangsa jin yang tunduk kepada perintah Iblis inilah yang kemudian disebut dengan setan. Wallahu A'lam. ***

Editor : Ditya Arnanta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network