Kahyangan, Lokasi Memadu Kasih Antara Nyi Roro Kidul & Panembahan Senopati yang Benci Warna Hijau

Bramantyo/Net Karanganyar
Pintu Gerbang Khayangan, Lokasi yang benci warna hijau diyakini sebagai tempat Percintaan antara Nyi Roro Kidul dan panembahan Senopati (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

WONOGIRI,iNewskaranganyar.id - Kahyangan Wonogiri, salah satu tempat yang diyakini lokasi pertemuan antara Nyi Roro Kidul dan Panembahan Senopati. Di Lokasi ini pula diyakini sebagai tempat memadu kasih antara penguasa Laut Selatan dan penguasa Kerajaan Mataram.

Khayangan sebuat tempat terpencil yang terletak di Desa Dlepih Kecamatan Tirotomoyo atau berjarak 50 KM dari pusat kota Wonogiri. Lokasi ini erat hubungannya dengan kisah Danang Sutowijaya (kelak bergelar Panembahan Senopati, pendiri kerajaan Mataram) bergelar Panembahan Senopati ing Alaga Sayidin Panatagama Khalifatullah. 

Saat itu, Danang Sutowijoyo tengah mencari wahyu raja yang saat itu masih berada di tangan sang ayah bernama Ki Ageng Pemanahan.Meski berada di lokasi terpencil, namun untuk menuju ke Kahyangan tidaklah sulit. Pasalnya akses jalan menuju lokasi sangatlah mulus. 


Lukisan Penguasa laut Selatan Nyi Rolo Kidul yang dimiliki oleh BRM Kusumo Putro (Foto:iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

Terik matahari begitu menyengat saat iNewskaranganyar.id tiba di Desa Dlepih. Rasa lelah langsung sirna saat tiba di Khayangan. Apalagi di lokasi ini, berada di lereng pegunungan Tirtomoyo yang dikelilingi hutan hijau.

Editor : Ditya Arnanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network