Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia di Balmoral, Berikut 6 Fakta Bangunan Megah Tempat Terakhirnya

Prisca Arianto
Istana Balmoral inilah Ratu Elizabeth II menghembuskan napas terakhirnya (Foto: (Foto: Instagram/@balmoral_castle)

KARANGANYAR, iNews.id - Selama 96 tahun, Ratu Elizabeth II menghabiskan hidup di Istana Balmoral, hingga ajal menjemput pada Kamis, 8 September 2022. Di Istana Balmoral ini pulalah, Ratu Inggris Raya itupun tutup usia.

Selama 7 dekade, atau 70 tahun sejak resmi dikukuhkan sebagai penguasa kerajaan Inggris Raya, Ratu Elizabeth II memimpin Kerajaan.

Kastil ini terletak di Royal Deeside, Aberdeenshire, Skotlandia. Tepatnya di Sungai Dee dan tidak jauh dari Gunung Lochnagar. Kastil Balmoral berjarak sekitar 500 mil dari Istana Buckingham, sembilan jam berkendara darat.

Ratu Elizabeth II menjadi penguasa terlama bertakhta di Istana Buckingham yakni selama 7 dekade atau 70 tahun. Pihak kerajaan sempat menginformasikan bahwa kesehatan dari Sang Ratu mengalami penurunan dan dipantau instensif oleh tim medis kerajaan.

Sudah menjadi tradisi bagi Ratu Elizabeth II untuk menghabiskan sebagian musim panasnya di Kastil Balmoral di Dataran Tinggi Skotlandia.

Tahun ini tidak berbeda, dan, dengan kesehatannya yang menurun, raja Inggris berusia 96 tahun itu akhirnya mengembuskan napas terakhirnya di properti tercinta pada 8 September 2022.

Keluarganya, termasuk putranya Charles (sekarang resmi Raja Charles III) dan cucu Pangeran William, melakukan perjalanan ke Royal Deeside, Aberdeenshire, Skotlandia, untuk berada di sisinya di hari-hari terakhirnya di kastil, yang telah lama dikatakan sebagai favoritnya. .

Lantas apa yang menarik dari bekas rumah musim panas sang Ratu? Berikut Okezone rangkumkan 6 fakta unik tentang Istana Balmoral yang perlu Anda diketahui mulai dari sejarah, arsitektur hingga interior dan lahan yang berada di sekitarnya sebagaimana dilansir dari laman architecturaldigest.

Ratu Elizabeth II melakukan pekerjaan yang baik untuk menjaga privasi tempat tinggal yang mewah, tetapi ada beberapa detail desain menarik yang telah keluar selama bertahun-tahun. 

Ini juga berfungsi sebagai latar dari episode yang sangat berkesan di Musim 4 The Crown, dengan tepat berjudul "The Balmoral Test".

Siapa pemiliknya

Meskipun kediaman resmi kerajaan seperti Kastil Windsor dan Istana Buckingham dimiliki oleh Crown Estate—yang didanai oleh pembayar pajak Inggris—Balmoral adalah properti pribadi Elizabeth, yang diwarisi melalui keluarganya. Satu-satunya tempat tinggal pribadinya yang lain adalah Sandringham, yang terletak di Norfolk, Inggris.


Istana Balmoral tempat favorit liburan keluarga Kerajaan beribur dan tempat Ratu Elizabeth II menghembusakan nafas terakhir (Foto Foto: Shutterstock)

Berapa lama keluarga kerajaan Inggris menempati?

Kastil ini pertama kali disewa pada tahun 1848 dan dibeli pada tahun 1852. Itu dibeli oleh Pangeran Albert untuk dirinya sendiri dan istrinya, Ratu Victoria. Dia memperoleh Balmoral enam tahun setelah pasangan itu pertama kali mengunjungi Skotlandia. Itu telah diturunkan melalui keluarga kerajaan sejak saat itu.

Balmoral secara teknis telah ada sejak abad ke-15, tetapi beberapa penambahan dan renovasi selama bertahun-tahun telah mengubah rumah menjadi sesuatu yang jauh dari versi aslinya.

Arsitektur

Gayanya dianggap sebagai kebangkitan baronial dan Gotik Skotlandia. Ketika Pangeran Albert membeli Balmoral, diputuskan bahwa itu terlalu kecil untuk keluarga kerajaan.

Pangeran, Ratu Victoria, dan anak-anak mereka tinggal di kastil sementara kastil baru sedang dibangun. Setelah proyek selesai—pada tahun 1856—kastil asli dihancurkan.

Penggantinya dibangun oleh arsitek ayah-anak John dan William Smith (keduanya orang Skotlandia). Itu dibangun dari granit lokal dan disusun menjadi dua bagian, yang masing-masing berputar di sekitar ruang halaman. Menara jam dengan menara tetap menjadi fitur yang menarik hingga hari ini.

Pangeran Albert sangat terlibat dalam proses desain. Dia juga bertanggung jawab atas serangkaian penambahan kecil pada properti, seperti rumah pertanian utama. Setelah kematian pangeran tahun 1861, Ratu Victoria memiliki serangkaian pondok yang dibangun di atas properti yang masih digunakan.

Dia membangun Pondok Taman untuk anak-anaknya, Baile-na-Coille untuk pelayannya, dan Pondok Karim untuk sekretaris India-nya. Pada 2019, Pangeran William, Kate, dan anak-anak mereka dilaporkan tinggal di sebuah pondok tiga kamar tidur di perkebunan bernama Tam-na-Ghar selama kunjungan.

Salah satu pondok di Balmoral—disebut Birkhall—kini milik Raja Charles III dan Permaisuri Camilla. Yang pertama mewarisinya ketika neneknya, Ibu Suri, meninggal pada tahun 2002, dan pasangan itu menghabiskan bulan madu mereka di sana pada tahun 2005.

Saat ini, properti abad ke-19 ini dianggap sebagai bangunan bersejarah Kategori A. Dilaporkan ada 150 bangunan di properti secara total.

Interior kastil

Sementara Kastil Balmoral berisi banyak kamar, beberapa di antaranya menonjol. Salah satu contoh utama adalah ballroom. Dengan lampu gantung raksasa, kepala rusa yang terpasang, dan desain trefoil, ini adalah kelas master dalam gaya Dataran Tinggi.

Ilustrasi dari tahun 1800-an memberikan gambaran tentang seperti apa kamar-kamar Balmoral selama masa kejayaan Ratu Victoria. Pelapis kotak-kotak, penutup dinding berpola, tirai api, lemari kayu berukir, dan lanskap berbingkai menjamur.

Ada juga banyak lilin—suatu kebutuhan praktis pada saat itu. Sebuah studi milik Pangeran Albert memiliki estetika yang sama, hingga ke karpet kotak-kotak.

Kamar pribadi itu juga memanfaatkan kain bunga putih yang cantik dan wallpaper hijau berbintik-bintik bunga putih. Rupanya, Pangeran Albert percaya bahwa interior Balmoral harus diisi dengan detail Dataran Tinggi seperti tartan dan chintz, dengan piala dan senjata yang menghiasi dinding.

Foto-foto menunjukkan bahwa hijau tua sering muncul di seluruh tempat tinggal. Ada juga perapian marmer berlapis cermin, kursi berlapis kain dengan rok berlipit kotak, dan banyak buku bersampul kulit. Terlepas dari kehadiran jam dan lampu yang megah, itu bukan tanpa kenyamanan modern seperti televisi layar datar.

Ratu Elizabeth memiliki ruang belajarnya sendiri, yang selama tahun 1970-an berkarpet dalam kotak-kotak yang sama. Ruangan itu juga mencakup perabotan kayu yang bagus dan tirai bunga untuk menutupi jendela ceruk.

Taman yang luas

Kastil ini dilengkapi taman seluas 50.000 hektar. Sementara lanskap Skotlandia yang kasar menempati sebagian besar area, ada juga bagian yang lebih terawat. Ratu Mary, misalnya, membuat taman bunga. Di dekatnya, Pangeran Philip menyumbangkan tambahannya sendiri.

Ketika Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip mengambil alih perkebunan, mendiang Duke of Edinburgh sangat tertarik dengan taman tersebut.

Kontribusinya termasuk kebun sayur, taman air, jalan bunga, dan area yang dipenuhi pohon ek. Ada satu permata tersembunyi yang menghangatkan hati di alam liar yakni patung anjing collie Ratu Victoria, yang disebut Noble.

Destinasi liburan keluarga raja

Liburan keluarga kerajaan. Ratu cenderung pergi ke Balmoral selama musim panas. Khususnya, Raja Charles III dan Putri Diana berkunjung pada bulan madu mereka.

Bertahun-tahun kemudian, Ratu berada di Balmoral ketika dia diberitahu tentang kematian Putri Diana. Itu juga tempat Raja Charles III dan Permaisuri Camilla diisolasi menjelang awal pandemi Covid-19.

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network