Ketegangan Iran-Arab Saudi Dipicu Jamaah Haji yang Ditangkap,Teheran: Bebaskan atau Kami Akan Balas!

Ahmad Islamy Jamil
Suasana Kota Makkah di tengah musim haji pada Juli lalu (ilustrasi). (Foto: Reuters)

KARANGANYAR,iNews.id – Ketegangan terjadi antara Iran dan Arab Saudi. Ketegangan antar dua negara tetangga ini menyusul seorang warga Negara Iran ditangkap di Arab Saudi saat menunaikan ibadah haji pada Juli lalu. Teheran pun menutut Riyadh agar segera membebaskan yang bersangkutan. 

“Jika Saudi tidak menunjukkan niat baik dan membebaskan jamaah tersebut, Iran secara alami akan mengambil tindakan balasan,” kata Anggota Komite Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri Parlemen Iran, Mojtaba Zolnour, dikutip kantor berita Fars.

Beberapa media Iran melaporkan, jamaah itu ditangkap karena memegang foto Qassem Soleimani, seorang komandan Korps Garda Revolusi Islam Iran yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS pada Januari 2020. 

Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian, juga menyinggung soal penangkapan jamaah haji asal Persia saat mengadakan panggilan telepon dengan Menlu Oman, hari ini.

Tidak dijelaskan mengapa masalah itu menjadi pembahasan Amirabdollahian dengan rekannya dari Oman itu. Akan tetapi Oman telah lama menjadi mediator antara Teheran dan para pesaingnya.

Editor : Ditya Arnanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network