get app
inews
Aa Read Next : HUT DPRD Karanganyar ke 73, Bagus Selo: Infrastruktur Jalan, Kesehatan dan Pariwisata Jadi Prioritas

Inilah Seputar Mitos dan Fakta Tentang Usus Buntu di Masyarakat

Rabu, 08 Juni 2022 | 21:40 WIB
header img
ilustrasi penderita usus buntu (Foto: Pixebay)

KARANGANYAR, iNews.id - Mitos penyebab usus buntu banyak beredar di masyarakat. Usus buntu adalah saluran tipis dengan panjang sekitar 4 inci dan berada di perut kanan bawah.

Belum diketahui secara spesifik fungsi usus buntu. Namun, salah satu teori menyatakan bahwa bagian tubuh ini bertindak sebagai gudang bakteri baik yang akan bekerja memperbaiki sistem pencernaan setelah terserang penyakit.

Agar tidak gagal faham, kenali fakta usus buntu dilansir dari laman klikdokter.  Ada banyak mitos usus buntu yang beredar di tengah masyarakat. Awas, jangan sampai Anda terjebak. Kenali fakta usus buntu selengkapnya lewat artikel berikut ini.  

1. Mitos: Usus Buntu Tidak Ada Gunanya

Faktanya, usus buntu merupakan struktur dalam usus manusia dengan panjang kurang lebih 10 sentimeter dan berbentuk seperti cacing. 

Awalnya, usus buntu dianggap tidak memiliki fungsi apa pun sehingga operasi pengangkatannya tidak akan memberikan dampak berarti pada tubuh manusia. 

Namun, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan kedokteran, banyak studi membuktikan bahwa organ kecil ini ternyata berperan membentengi tubuh dari serangan penyakit. 

Oleh karena itu, operasi pengangkatan usus buntu harus penuh dengan pertimbangan agar manfaat yang diraih lebih besar daripada potensi kerugian.

2. Mitos: Radang usus buntu disebabkan karena makan biji Cabai atau jambu.

Faktanya, radang usus buntu dapat disebabkan oleh dua hal. Pertama, infeksi yang membuat usus buntu membesar, rapuh, dan terasa sangat nyeri. Kedua, sumbatan usus akibat gumpalan tinja, cacing, atau tumor. 

Biji cabai atau jambu ukurannya terlalu kecil untuk dapat menyumbat usus buntu. Artinya, kecil kemungkinannya bagi biji cabai atau jambu untuk menjadi penyebab radang usus buntu. Karena itu, mitos usus buntu yang satu ini tidak perlu Anda percaya lagi.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut