get app
inews
Aa Read Next : Deretan Kota Terbaik untuk Healing di Tanah Air, Bikin Pikiran Pulih dan Lebih Rileks

Sebanyak 15.447 Jamaah Calhaj Asal Jateng dan DIY, Siap Berangkat dari Asrama Haji Donohudan

Senin, 23 Mei 2022 | 20:25 WIB
header img
Sekitar 15.477 jamaah calon haji (calhaj) asal Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan masuk asrama haji Donohudan (Foto: iNewskaranganyar.id/bramantyo)

BOYOLALI, iNews.id - Musim haji tahun 2022, Asrama Haji Donohudan (AHD) mulai bersiap. Sekitar 15.477 jamaah calon haji (calhaj) asal Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan masuk asrama sebelum berangkat ke Tanah Suci sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Kepala Unit Pengelolaa AHD, Bambang Sumanto menjelaskan, akan ada 43 kelompok terbang (kloter) yang akan berangkat dari Asrama Haji Donohudan.

“Untuk tahun 2022 ini untuk Jawa Tengah dan DIY sejumlah 15.477 calon Jemaah, yang terbagi untuk Provinsi Jawa Tengah ada 13.776 (orang), selebihnya ada dari Yogyakarta, terbagi dalam dua gelombang (dan) 43 kloter,” jelasnya seperti dilansir dari laman Jatengprov.go.id, Senin (23/5/2022).

Bambang menyebut seluruh kamar dan gedung yang akan digunakan dalam tahapan persiapan. Seperti pembersihan lingkungan asrama, pengecatan gedung dan pengecekan kelengkapan ruang tidur bagi calhaj.

Tahapan persiapan untuk saat ini sudah 85 persen dan ditargetkan selesai pada 25 Mei 2022. 

Bangunan Gedung Mekkah, pihaknya akan menggunakan tiga lantai Gedung tersebut dengan kapasitas 380 tempat tidur di setiap lantai atau total 1.140 tempat tidur.

Namun untuk mengantisipasi pihaknya tetap mencadangkan tempat tidur di lantai 2 dan 3 Gedung Madinah untuk menampung calhaj yang akan masuk asrama. 

Pasalnya lantai 1 di Gedung tersebut masih digunakan untuk Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC), meskipun sejak September 2021 sudah tidak ada pasien Covid-19. Dan untuk lantai satu Gedung Madinah akan diperuntukan satgas haji.

“(RSDC) belum dicabut karena posisi belum endemi masih pandemi. Namun karena saat ini sudah tidak ada pasien, dan juga perlu diketahui kita juga selalu prokes.Termasuk untuk penyemprotan disinfektan untuk ruang ruang, baik untuk ruang pasien untuk petugas maupun untuk kamar kamar yang kosong,” katanya.

Asrama Haji Donojudan siap menerima 15.477 jemaah calhaj, di antaranya terdapat 317 jamaah calhaj yang berasal dari Kabupaten Boyolali. Jumlah tersebut akan terbagi menjadi dua gelombang. Yakni gelombang pertama terdiri dari 21 kloter dan gelombang kedua terdiri dari 22 kloter.

Bambang menuturkan, AHD mulai menerima jamaah calhaj pada 3 Juni 2022. Mereka akan mulai berangkat ke Tanah Suci pada 3 Juni 2022 sampai 2 Juli 2022, dan direncakanan jamaah haji akan pulang pada 16 Juli 2022 sampai 14 Agustus 2022.*

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut