get app
inews
Aa Read Next : Lepas Kontingen Porprov, Bupati Juliyatmono Janjikan Bonus Rp55 Juta

Foto Paspor Tertukar, Calhaj Asal Pati Gagal Terbang

Rabu, 08 Juni 2022 | 18:40 WIB
header img
Foto tertukar cahjah asal Pati gagal berangkat (Foto: iNewskaranganyar.id/Dok/Bramantyo)

BOYOLALI, iNews.id - Loso (54), calin jamaah haji asal Pati terpaksa tertunda keberangkatannya karena foto paspornya tertukar dengan jamaah perempuan. 

Petugas keliru menempelkan foto pada paspor. Dimana paspor Loso menggunakan foto seorang perempuan. Seharusnya Loso berangkat bersama kloter 2 kemarin, namun terpaksa batal.

“Semua data sudah sesuai, tapi di fotonya (paspor) adalah perempuan entah siapa. Seharusnya berangkat kemarin (kloter 2), jadi ditinggal,” ujar Loso saat ditemui wartawan Rabu (8/6/22) di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Dirinya sangat menyayangkan kejadian tersebut, sehingga dirinya harus terpisah dari istrinya dan rombongan asal Pati. Terlebih lagi kejadian tersebut baru diketahui jelang keberangkatan.  

"Saat ini istri bersama rombonga Pati sudah sampai Arab Saudi," imbuhnya.  

Loso diperkirakan berangkat dengan kloter 9 atau 10. Terkait kesalahan foto paspornya sudah diperbaiki. Saat ini masih menunggu kursi kosong.

Koordinator Humas Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Sarip Syamsul Samsudin membenarkan adanya kejadian foto paspor yang tertukar.

"Segera setelah sudah di perbaiki langsung kita berangkat sesuai kekosongan yanga ada, Ya nanti kita lihat kondisi di lapangan dan jika beliau berkenan ditanazul (mutasi antar kloter) nanti akan disesuaikan," imbuhnya.  

Tanazul adalah mutasi antarkelompok terbang (kloter) untuk kepulangan jemaah haji karena alasan tertentu. Perpindahan jadwal kepulangan bisa maju atau mundur dari jadwal semula tergantung dari kebutuhan dan ketersediaan tempat duduk pesawat kloter yang dituju.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut