get app
inews
Aa Read Next : Kompetisi Olahan Kuliner Khas Indonesia Berbahan Apel Batu yang Mulai Langka 

BI NTT Promosi Kekayaan Kuliner, Melalui Lomba Hilirisasi Produk Pangan Lokal dan Live Cooking

Sabtu, 26 Oktober 2024 | 09:36 WIB
header img
BI NTT Promosi Kekayaan Kuliner, Melalui Lomba Hilirisasi Produk Pangan Lokal dan Live Cooking

SUMBA, iNewskaranganyar.id - Salah satu upaya dalam mendukung inovasi produk olahan dan diversifikasi pangan, Bank Indonesia (BI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menyelenggarakan Lomba Hilirisasi Produk Pangan Lokal dan Live Cooking pada Jum'at, (26/10/2024)

Kegiatan Lomba Hilirisasi Produk Pangan Lokal dan Love Cooking kali ini mengusung tema "Kreasi Olahan Pangan Lokal Cita Rasa Global" 

Kegiatan ini merupakan sebagai salah satu rangkaian kegiatan 4th Exotic Tenun Fest 2024. 

Pada kali ajang tersebut mengundang para peserta untuk menunjukkan keterampilan mereka dalam mengolah bahan pangan lokal menjadi hidangan menarik seperti Jagung, Singkong, Daging Sapi, Kelor, Sorgum, Porang, dan Ikan yang berfokus utama pada bahan-bahan pangan lokal.

Dalam lomba-lomba tersebut peserta ditantang untuk menghadirkan produk dan sajian unik yang menggabungkan elemen tradisional dengan teknik kuliner modern. 

Perlombaan ini bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan kuliner NTT hingga yang dapat dinikmati dan diapresiasi oleh masyarakat luas. 

Kegiatan Hilirisasi Produk Pangan Lokal ini dibuka secara resmi oleh Bapak Agus Sistyo Widjajati selaku Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi NTT pada Kamis, 24 Oktober 2024. 

Antusiasme dalam menyambut kegiatan ini sangat tinggi dimana lebih dari 30 UMKM berpartisipasi dalam perlombaan ini dengan produk bersertifikasi halal dan izin edar Produk Industri Rumah Tangga (PIRT). 

Melalui proses seleksi yang ketat, 10 finalis terbaik dinyatakan berhak memasuki tahap akhir dan mempresentasikan produk hilirisasi mereka di depan para juri pada Kamis, 24 Oktober 2024. 

Diharapkan penilaian dari masing-masing juri dapat meningkatkan mutu dan kualitas produk seluruh peserta finalis. Berdasarkan hasil penilaian para juri, UMKM MoriGe dengan produk olahan sorgum dan kelor berhasil mendapatkan juara pertama sebagai Produk Hilirisasi Pangan Lokal Terbaik dalam 4th Exotic Tenun Fest 2024.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut