Kemasan barang dagangan pun harus kreatif untuk menarik pembeli. Strategi itu perlu dikuatkan karena cara dagang di pasar tradisional dengan pasar online jauh berbeda.
Menurutnya, langkah-langkah itu mesti cepat dilakukan karena saat ini jumlah transaksi di pasar tradisional sudah mulai turun.
Ditambahkannya, setelah diwadahi klaster dan diberikan pelatihan, dinas terkait di Pemerintah kabupaten/kota maupun Provinsi mesti turun tangan.
Ia mengatakan tujuannya. memberikan pendampingan agar pedagang pasar tradisional tetap eksis dan mampu bersaing.
"PKL ini kan kekuatan ekonomi kecil, tapi kalau dikalkulasi semuanya jadi besar. Bakul pasar tradisional, PKL dan UMKM inilah yang menjadi pondasi ekonomi," ujarnya.
Salah satu pedagang tempe di Pasar Karangpandan, Sutarni mengatakan saat ini jumlah penjualannya turun drastis. Meski harga masih dipatok dengan nominal yang sama, namun pendapatannya anjlok.
"Mungkin ekonomi baru susah ya pak. Pembeli yang datang sedikit. Harapanya, biar pembeli yang datang tambah banyak," harap Sutarni pada Ahmad Luthfi.
Sementara itu kedatangan Ahmad Luthfi disambut lantunan Sholawat dari para relawan pendukungnya.
Tak hanya blusukan, Ahmad Luthfi membeli beberapa bahan pangan dari pedagang seperti pisang, tempe, cabai bahkan Ahmad Luthfi juga membeli bunga tabur.***
Editor : Ditya Arnanta