get app
inews
Aa Read Next : KPU Karanganyar Pastikan Patuhi Putusan MK, 5 Parpol Bisa Usung Calon Mandiri

Diikuti 287 Peserta Kopassus Grup 2 Kandang Menjangan Gelar Lomba Menembak di Bukit Mongkrang

Jum'at, 02 Agustus 2024 | 21:14 WIB
header img
Diikuti 287 Peserta Kopassus Grup 2 Kandang Menjangan Gelar Lomba Menembak di Bukit Mongkrang (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyat. id - Sebanyak 287 peserta mengikuti lomba menembak yang digelar Kopassus Grup 2 Kandang Menjangan di bukit Mongkrong, Tawangmangu, Karanganyar, Jumat (2/8/2024). 

Bahkan putra almarhum Presiden RI ke 2 Bambang Trihatmodjo inipun tak mau ketinggalan ikut lomba menembak yang digelar dalam rangka peringatan HUT TNI Ke 79.

Even lomba menembak bertajuk KSC Steel Challenge 2 Dangrup 2 Kopassus Cup Extreme Long Range ini, juga diikuti masyarakat sipil dan anggota Perbakin. 

Sebelum lomba dibuka, Dangrup  2 Kopassus Kandang Menjangan, Kolonel Inf. Wahyo Yuniartoto bersama tamu VIP  juga melepaskan burung sekitar 1000 ekor dari berbagai jenis seperti merpati hutan, elang. Termasuk melepas 10 ekor rusa saat melakukan pendakian ke gunung Lawu. 

Komandan Grup 2 Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Kandang Menjangan, Kartasura, Kolonel Inf. Wahyo Yuniartoto sebut ini merupakan kegiatan yang simultan dan berkesinambungan. 

"Setelah sukses menggelar lomba tembak Danjen Cup di satuan Group 2 Kopassus, kini kita gelar lagi KSC Steel Challenge 2 Dangrup 2 Kopassus Cup Extreme Long Range di Mongkrang," papar Kolonel Inf. Wahyo Yuniartoto, saat ditenui iNewskaranganyar.id usai pembukaan lomba menembak.

Ia mengatakan event ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan rasa nasionalisme, karena hal itu merupakan jiwa yang melekat pada setiap rakyat Indonesia, dan terus dibawa hingga akhir hayat.

"Sekaligus untuk menjalin silaturahmi, juga  mencari bibit penembak terbaik yang nantinya akan go internasional," ujarnya. 

Bahkan Indonesia sudah mendapatkan undangan dari Korea untuk mengikuti perlombaan di negeri Ginseng tersebut.

"Nanti kita pilih atlet terbaik kita dan dikirim ke sana," lanjutnya. 

Sedangkan dipilihnya bukit Mongkrang menjadi lokasi kegiatan,  dikarenakan alam di bukit Mongkrang memiliki perbukitan yang sangat cocok dengan kelas yang dipertandingan. Selain itu, ungkap Kolonel Inf. Wahyo Yuniartoto, bukit Mongkrang sangat menantang. 

"Dari beberapa kali survey lokasi ini (Mongkrang) yang paling tepat," imbuhnya.

Sebelum lomba dibuka, Kolonel Inf. Wahyo Yuniartoto memperlihatkan keahlian menembak jarak jauhnya dengan melaksanakan tembakan perdana untuk menandai dimulainya lomba tersebut.

Sementara itu Ketua Perbakin Jawa Tengah, Sinyo Haryanto menambahkan lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bagi para penembak sipil maupun anggota TNI Polri. Dipilih Mongkrang karena ini salah satu lokasi wisata yang mengarah ke sport tourism. 

"Jadi disamping untuk preatasi juga memperkenalkan daerah wisata," pungkasnya.

Sementara kelas-kelas yang diperlombakan diantaranya Steel Challenge (3 Stage) Kelas Open untuk perorangan. Kemudian Steel Challenge (4 Stage) Kelas Limited (peroragan).

Steel Challenge (4 Stage) Kelas Limited  Beregu (2 Orang). Steel Challenge (4 Stage) Kelas Limited ( Perorangan Senior). Steel Challenge (4 Stage) Kelas Limited - Perorangan Ladies. Fun Game Kelas Open (Perorangan) dan Fun Game Kelas Limited Perorangan.***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut