get app
inews
Aa Read Next : Tegas, DSKS Tak Pernah Minta Festival Kuliner Non Halal di Solo Dihentikan

Hasil Survei JARCOMM, Nama Kaesang Tempel Ketat Gusti Bhre Serta Ungguli Teguh Sekar dan Ferry 

Jum'at, 05 Juli 2024 | 11:24 WIB
header img
Hasil Survei Pilkada Solo 2024 : Gusti Bhre Ungguli Teguh dan Kaesang, Sekar dan Ferry Membuntuti Foto: iNews/Arivista Midada

SOLO, iNewskaranganyar. id - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep tanpaknya masih menjadi favorit warga Kota Solo untuk dipilih dalam Pilkada 2024

Dalam survai yang dilakukan oleh JARCOMM (Jejaring Analiytics, Research and Communication Consulting), adik bungsu dari Gibran Rakabuming Raka ini mampu bersaing dengan nama-nama kandidat lainnya yang sudah beredar luas di Masyarakat. 

Kaesang berada di urutan ketiga setelah Gusti Bhre, Teguh Prakosa dengan selisih tidak terpaut jauh. 

Survei yang dilaksanakan pada 27 Juni sampai 2 Juli 2024 itu menyasar pemilih pemula atau Gen Z hingga Millenial antara umur 17 hingga 40 tahun.

Hasilnya, KGPAA Mangkunegara X (Gusti Bhre) menempati urutan pertama, disusul incumbent yang kini menjabat Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa berada di urutan kedua. 

Barulah nama Kaesang Pangarep di urutan ketiga yang masing-masing selisih margin berdekatan.

"Di kalangan anak-anak muda atau kalangan Gen Z dan Millenial, Gusti Bhre menjadi pilihan pertama, kemudian disusul Pak Teguh, lalu selanjutnya Kaesang Pangarep," ungkap Manajer Eksekutif Jarcomm, Yuhan Perdana, Jumat (5/7/2024).

Perdana melanjutkan, pada simulasi 8 nama calon wali kota, Gusti Bhre menduduki posisi teratas dengan perolehan 31,8%, disusul Teguh Prakosa 27,0%. Sementara Kaesang Pangarep di posisi tiga sebesar 23,4%. Lalu Sekar Tandjung Ketua Golkar Solo sebesar 4,2% dan Ferry Indrianto yang merupakan Ketua Kadin Solo, sebesar 3,9%.

Adapun sejumlah tokoh yang selama ini digadang-gadang nyalon, di antaranta ada Astrid Widayani yang juga Rektor UNSA, memperoleh 2,2%, disusul HM Mashuri 1,0% dan Her Suprabu 0,8%. Sementara ada 5,3% tidak tahu atau tidak/belum menjawab.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, alasan responden memilih tokoh yang berada di posisi lima besar yakni Gusti Bhre, Teguh, Kaesang, Sekar hingga Ferry dianggap merakyat dan santun, membawa perubahan serta mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Merakyat dan santun 23,3%, diikuti dipercaya bisa meningkatkan ekonomi 25,2% dan membawa perubahan 15,7%. Itulah 3 alasan utama mengapa memilih. Masih ada alasan-alasan lain dengan persentase di bawahnya," ungkapnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut