get app
inews
Aa Read Next : Festival Kuliner Non Halal di Solo Dilanjutkan, Pabrik Kecap di Karanganyar Mundur Sebagai Sponsor

Boby Aditia Sesalkan Putusan Asprov PSSI Jateng Coret Namanya Dari Bursa Kandidat Ketua Askab

Selasa, 18 Juni 2024 | 10:14 WIB
header img
Boby Aditia Putra Sesalkan Putusan Asprov PSSI Jateng Coret Namanya Dari Bursa Kandidat Ketua Askab (Foto: iNewskaranganyar. id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar. id - Boby Aditia Putra salah satu kontestan pemilihan Ketua Askab PSSI Karanganyar 2024 - 2029 merespon keputusan Asprov yang telah mencoret namanya. 

Ia mengaku tak habis pikir namannya telah dicoret oleh Asprov dari bursa pemilihan orang nomer satu di Askab PSSI Karanganyar itu. 

Secara persyaratan, semua telah dipenuhi. Tak ada satupun persyaratan yang tak dipenuhi. Ia justru mempertanyakan poin mana yang dinilai oleh Asprov bila dirinya telah mempersulit dan menghambat Asprov. 

 “Saya baca setiap pointnya, disebutkan saya dianggap mempersulit dan menghambat kinerja Komdis Asprov, justru saya yang mengalami kesulitan mendapat informasi karena tidak ada jawaban untuk reschedule karena saat mendapat surat dan jadwal pemeriksaan bersamaan dengan saya tugas di Bekasi bersama lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Bahkan di hari yang sama, saya minta waktu untuk mundur 2 jam pun tidak ada respon dari Asprov. Ini bukti di chat WA ada semua," papar Boby pada wartawan, Selasa 19 Juni 2024.

Ia mengatakan setelah Asprov ikut ambil bagian dalam proses pencalonan, muncul persyaratan yang baru menyesuaikan statuta Asprov.

Pengumuman itu dikirim kepada Boby pada tanggal 9 Juni dan berkas sebagai pelengkap persyaratan tambahan  kumpulkan pada tanggal 11 Juni, tidak dapat diterima Asprov karena melewati batas waktu awal yang telah ditentukan Askab pada tanggal 11 Mei dengan syarat awal.

" Ya kan aneh, pengumuman syarat tambahan kan baru 9 Juni, masa iya 11 Mei saya sudah harus mengumpulkan? Ini ada apa sebenarnya?" tambah Boby.

Hasil keputusan dari Komdis Asprov tidak dapat dilakukan banding. "Lalu dimana saya mencari keadilan? Apakah di Statuta tidak diperkenankan dilakukan banding? Lalu kemudian muncul pertanyaan di hati kecil saya, apakah ini karena antara calon Mas Rinto dan Ketua Asprov Mas Yoyok Sukawi sama-sama politisi Demokrat? Apakah ini semua sudah di desain sedemikian rupa sehingga saya gagal untuk masuk dalam kongres? Boleh dong saya bertanya-tanya?"

Ini bukan justifikas, hanya saja Boby merasa ini ada yang janggal. Dia ingin berkontribusi untuk kemajuan sepak bola di Bumi Intanpari  melalui pilihan saja kok sulit, rasanya dia tidak diperkenankan.” katanya.

Seperti diberitakan, hasil pemeriksaan Integritas calon Ketua Askab Karanganyar, Asprov hanya beri Rekomendasi Rinto Subekti.

Dari dua calon yang ada yakni Boby Aditia Putra dan Rinto Subekti, Komdis hanya memberi rekomendasi kepada satu nama yakni Rinto Subekti.

Boby Aditia Putra dinilai tidak bisa memenuhi jadwal pemeriksaan integritas yang dijadwalkan pada Jumat 14 Juni 2024 dan yang bersangkutan minta dijadwal ulang tanggal 14 Juni 2024 pukul 19.00 malam atau Sabtu 15 Juni 2024, Komite Disiplin tidak bisa memenuhi jadwal ulang yang diminta tersebut.

Sementara kandidat atas nama Rinto Subekti dijadwalkan pada Jumat 14 Juni 2024 pukul 14.00 WIB dan yang bersangkutan langsung bersedia walaupun berada di luar negeri dan pemeriksaan integritas dilakukan melalui daring dan dipenuhi oleh Komite Disiplin Asprov PSSI Jawa Tengah.

Ismu Puruhito selaku ketua Komdis Asprov PSSI Jawa Tengah menjelaskan ada beberapa faktor yang membuat nama Boby Aditia Putra tidak lolos dalam tes integritas.

Yang pertama Komite Pemilihan (KP) Askab PSSI Karanganyar telah menetapkan Tahapan Pemilihan yakni Pengembalian Berkas Formulir Pendaftaran adalah 8-11 Mei 2024. Sedangkan setelah tanggal tersebut, bakal calon tidak diperkenankan menambah berkas pendaftaran.

Kandidat Boby Aditia Putra pada tahapan pengembalian berkas pendaftaran telah mencantumkan pengalaman mengelola sepakbola di bawah naungan PSSI yakni sebagai Manager PS Bulls Warrior.

Klub tersebut terdaftar sebagai anggota Askab PSSI Karanganyar sejak tahun 2022, sehingga belum memenuhi kriteria pengalaman mengelola sepakbola sesuai Statuta PSSI Jawa Tengah yakni 5 (lima) tahun.

Kemudian kandidat Boby Aditia Putra menambah berkas pendaftaran yakni pengalaman sebagai pengurus Klub Onoini FC, namun penambahan berkas pendaftaran tersebut telah melewati batas waktu jadwal Pengembalian Berkas Formulir Pendaftaran sehingga tidak dapat diterima.

Sementara Rinto Subekti telah memenuhi kelengkapan pendaftaran dengan lengkap dan sesuai jadwal tahapan yang dikeluarkan Komite Pemilihan Askab PSSI Karanganyar.

Dan dalam verifikasi faktual yang dilakukan Komite Disiplin Asprov PSSI Jawa Tengah, berkas pendaftaran yang diberikan Kandidat Rinto Subekti dinyatakan benar dan sesuai kriteria dalam Statuta Asprov PSSI Jawa Tengah dan Kode Disiplin PSSI.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan integritas kandidat ketua Askab PSSI Karanganyar oleh Komdis PSSI Jateng, maka Komdis PSSI Jateng menyatakan hanya calon atas nama Rinto Subekti yang memenuhi Kriteria Integritas yang ditetapkan Komite Disiplin Asprov PSSI Jawa Tengah," ujar Ismu.

Hasil pemeriksaan integritas Komdis PSSI Jateng pun telah diserahkan kepada Komite Pemilihan Askab PSSI Karanganyar untuk ditindaklanjuti dalam Penetapan Kandidat Tetap Ketua Askab PSSI Karanganyar pada tanggal 16 Juni 2024 kemarin.***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut