get app
inews
Aa Read Next : Turut Berduka Cita, Benyamin Davnie Datangi TKP Pesawat Jatuh di Tangsel

Hadapi Musim Hujan di Tangsel, Benyamin Davnie Intruksikan Anak Buahnya untuk Siap Siaga

Sabtu, 11 November 2023 | 21:00 WIB
header img
Walikota Tangsel Benyamin Davnie (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

TANGSEL, iNewskaranganyar.id - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie memberikan intruksi kepada anak buahnya untuk melakukan bersih-bersih saluran air. Hal itu dilakuoan untuk antisipasi banjir menyambut datangnya musim hujan.

Intruksi tersebut disampaikan Benyamin Davnie ketika memimpin apel kesiapsiagaan bencana dan gelar pasukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel, Sabtu 11 November 2023.

Seperti diketahui, apel twrsebut turut dihadiri oleh perwakilan dari seluruh perangkat daerah, seperti Polri, TNI, beserta relawan, di Lapangan Sunburst BSD, Kota Tangerang Selatan.

Dalam kesempatan itu, Benyamin Davnie menyampaikan, hal itu perlu dilakukan untuk memastikan kesiapan seluruh pasukan dalam menghadapi potensi-potensi yang akan terjadi pada saat peralihan memasuki musim hujan di wilayah Tangerang Selatan.

"Bahwa musim penghujan di tahun 2023 ini mengalami kemunduran. Kita mesti ingat bersama di tahun 2019 terjadi keterlambatan musim hujan, dan justru diikuti banjir besar saat memasuki tahun 2020," terang Benyamin Davnie.

"Camat, lurah dan para pengurus RT/RW agar bersama-sama mengantisipasi hal ini. Bisa dilakukan giat bersih-bersih saluran air," ujarnya.

Dengan demikian, Benyamin pun mengingatkan bahwa dinas terkait agar terus siaga dalam penanggulangan bencana yang waktu kedatangannya tidak bisa diprediksi.

Pasalnya, untuk meminimalisir dampak bencana saat musim hujan tiba, pihaknya mengerahkan seluruh jajaran untuk sigap.

"Jadi kita harus selalu waspada dan siap sedia, karena hanya dengan kesiapsiagaan dan kerja sama yang baik, kita dapat meminimalisir dampak bencana yang mungkin terjadi," jelas Benyamin Davnie.

"Oleh karena itu perlu adanya koordinasi dan kolaborasi yang baik dalam proses pengurangan risiko bencana di Tangerang Selatan. Sebab pada hakikatnya bencana adalah urusan bersama untuk kemanusiaan," pungkasnya.

Sementara, Kepala BPBD Kota Tangerang Selatan, Sutang menjelaskan terkait apel tersebut. Menurut Sutang, apel dan gelar pasukan tersebut merupakan titik awal dalam kesiapan penanganan bencana yang baik. 

Apalagi, kata Sutang, peralihan musim dari kemarau menuju musim hujan sudah mulai nampak di Tangerang Selatan.

"Kita gelar pasukan untuk memastikan sejauh mana kekuatan kita untuk melakukan penanganan bencana di Tangerang Selatan. Sampai saat ini, BPBD masih mendistribusikan air bersih kepada masyarakat yang masih terdampak fenomena el nino, kemarau panjang dan kekeringan," ujar Sutang.***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut