get app
inews
Aa Read Next : KPU Karanganyar Pastikan Patuhi Putusan MK, 5 Parpol Bisa Usung Calon Mandiri

Hutan Gunung Lawu kembali Terbakar, Api Terlihat melahap Bukit Ngembel

Kamis, 28 September 2023 | 20:52 WIB
header img
Hutan Gunung Lawu kembali Terbakar, Api Terlihat melahap Bukit Ngembel (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Hutan Lereng Gunung Lawu kembali terbakar.

Kali ini kebakaran hutan di lereng gunung yang memisahkan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini terjadi di Bukit Ngembel, tepatnya di petak 49 yang masuk RPH Tlogo Dringo.

Camat Tawangmangu Eko Joko Widodo saat dikonfirmasi membenarkan hutan dilereng gunung Lawu terbakar.

Ia mengatakan kebakaran baru diketahui sekira pukul 17.00 WIB. Awalnya dari kejauhan terlihat kepulan asap, namun lambat laut terlihat api yang menyala.


Hingga malam, kobaran api masih terlihat membakar hutan di lereng Gunung Lawu (Foto: Ist)

 

Sedangkan penyebab pasti kebakaran yang kali ini menimpa lereng gunung Lawu belum diketahui secara pasti. Apakah karena ulah manusia atau cuaca panas.

“Kebakaran sore tadi menjelang Maghrib, sekira pukul 17.00 WIB. Penyebabnya belum tahu,"papar Eko Joko Widodo pada wartawan, Kamis (28/9/2023).

Ia mengatakan proses pemadaman masih dilakukan oleh para para relawan. Eko sendiri belum mengetahui pasti luas lahan yang terbakar.

"Untuk berapa luas lahan yang terbakar belum diketahui. Proses pemadaman masih dilakukan secara manual," terangnya.

Terpisah, Kapolsek Tawangmangu, AKP Sutarno mengatakan petak yang terbakar yakni  kebakar masuk di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Tepatnya Petak 40 RPH Tlogo Dringo, BKPH Lawu Utara.

"Kami mendapatkan laporan dari masyarakat sekira pukul 17.30, itu masuk bukit Ngembel petak 40 RPH Tlogodringo BKPH Lawu Utara," ungkap dia.

Ia menuturkan, selanjutnya dilakukan pemantauan pada titik kebakaran bersama-sama dengan anggota Polsek Tawangmangu, Koramil Tawangmangu dan relawan serta masyarakat  Tawangmangu. 

Ia mengatakan saat sampai lokasi api masih menjalar semak belukar mengarah ke selatan dengan kondisi gelap disertai angin kencang .

"Kami berkoordinasi dengan Perhutani, Koramil Tawangmangu, Sat Samapta Polres Karanganyar, BPBD Karanganyar, team SAR serta relawan/masyarakat Tawangmangu, dan melakukan pengecekan dan melakukan pemantauan lokasi kebakaran,"ujarnya.***

​​

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut