get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Sahur & Subuh Ramadhan Hari ke 3 Sukoharjo dan Sekitarnya Kamis 14 Maret 2024

Sumbangan Bikin Wali Murid MTsN 2 Sukoharjo Menjerit, Ini Alasan Pihak Sekolah

Kamis, 07 September 2023 | 10:24 WIB
header img
Sumbangan Bikin Wali Murid MTsN 2 Sukoharjo Menjerit, Ini Alasan Pihak Sekolah (Foto: iNewskaranganyar.id/Doni Mahendro)

SUKOHARJO,iNewskaranganyar.id - Wali murid di Madrasah Tsanawiyah Negeri  (MTsN) 2 Kabupaten Sukoharjo menjerit.  Hal itu lantaran adanya nilai sumbangan yang dibebankan kepada wali murid atau orang tua siswa dianggap terlalu tinggi.

Informasi yang dihimpun wartawan menjelaskan, pungutan yang dikemas dalam bentuk sumbangan itu meliputi sumbangan infak syariah Rp. 250.000, sumbangan infak sapras Rp. 1.250.000, sumbangan atribud Rp. 1.351.000 dan sumbangan pengembangan program Rp. 1.490.000.

Salah satu orang tua siswa Raharjo (43), merasa terbebani dengan adanya sumbangan yang dibebankan sekolah kepada orang tua. Jumlah tersebut dianggap sangat memberatkan, Kamis 7 September 2023.

Menurut Raharjo, sumbangan tersebut dianggap berlebihan meski dirinya sudah melunasi pembayaran sekolah untuk anaknya.

"Sangat berat sumbangan ini mas, saya kan harus pinjam kesana kemari. Saya sudah lunas sekitar Rp 4.300.000," terang Raharjo. 

Sementara, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan MTsN 2 Sukoharjo, Rupianto membenarkan dengan adanya sumbangan tersebut.  Menurut Rupianto sumbangan dalam bentuk infak itu merupakan sumbangan yang sudah ada kesepakatan dengan orang tua atau wali murid.

"Kalau itu (sumbangan, red) sudah ada konfirmasi lebih lanjut, dan yang kelas VIII dan IX sudah dikumpulkan semuanya tidak ada masalah. Sebelum ada penjelasan seperti itu semuanya sudah dikumpulkan seperti itu, saya tidak mengatakan melegalkan ya," terang Rupianto.

"Semua itu sudah ada melalui proses dan itu pun muncul dari suatu kesepakatan, jumlah itu saya rasa salah. Nah, kita itu ada penawaran beberapa program dan ditawarkan ke wali murid," ujarnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut