get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Sahur Situbondo dan Sekitarnya Ramadhan hari ke 2, Rabu 13 Maret 2024

Bikin Bulu Kuduk Berdiri, Ini Kisah Mistik Alas Baluran Situbondo Pusat Gaib Tanah Jawa

Selasa, 08 Agustus 2023 | 19:58 WIB
header img
Bikin Bulu Kuduk Berdiri, Ini Kisah Mistik Alas Baluran Situbondo Pusat Gaib Tanah Jawa (Foto: Tangkapan Layar Youtube)

SITUBONDO,iNewskaranganyar.id - Taman Nasional Baluran yang terletak di Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur ini diyakini termasuk salah satu pusat gaib di tanah jawa.

Letaknya di ujung timur pulau Jawa, bikin merinding bulu kuduk siapa saja yang melintasi hutan ini sebelum menyebrang ke Pulau Bali.

Keangkeran hutan Baluran ini bukan rahasia lagi. Siapa saja yang melintasi jalan beraspal yang dikelilingi hutan ini, khususnya saat malam, sudah pasti akan mencari teman untuk melintasi hutan ini.

Kisah mistis Alas Baluran ini bahkan sempat viral di media sosial pada 2020 silam. Hal ini bermula dari cuitan akun @farisandani di Twitter yang menceritakan pengalaman mudik yang horor saat melewati Alas Baluran.

“Pengalaman horror Ibu, Ayah, dan saudara Ibu tentang Alas Baluran. Ibuku orang asli Blambangan, kakak adik beliau juga ada di Banyuwangi. Jadi setiap mudik pasti ke sana dan lewat alas ini. Beliau selalu cerita tentang seramnya alas Baluran,” tulis akun tersebut.

Dia mengatakan, Alas Baluran saat ini kerap dipakai untuk dijadikan lokasi foto prewedding. Meski begitu, itu tidak meninggalkan kesan horor dari Alas Baluran. Akun tersebut bahkan mengungkapkan kejadian-kejadian janggal saat melewati jalur tersebut.

“Hutan Baluran selalu menjadi jalur yang sesegera mungkin ingin saya lewati. 24 km, nggak ada sinyal. Nggak jarang pula playlist Spotify keganti sendiri tiap lewat sini,” kisahnya.

Kisah mistis Alas Baluran tak lepas dari sematan-sematan yang diberikan kepada tempat ini. Yaitu Jurang Tangis, karena konon tempat ini merupakan lokasi pembuangan mayat-mayat peristiwa 1965 yang jumlahnya ribuan.

“Ada 2 versi cerita Ibu yang setiap perjalanan mudik beliau ceritakan. Untuk informasi saja, setiap mudik, perjalanan yang kami ambil selalu malam hari. Supaya sampainya di Banyuwangi bisa pagi,” tulisnya. Cerita versi pertama diketahui terjadi di akhir era 1980-an.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut