get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Mengintip Meriahnya Sedekah Bumi dan Kirab Budaya di Desa Plesungan Karanganyar

Minggu, 06 Agustus 2023 | 17:03 WIB
header img
Mengintip Meriahnya Sedekah Bumi dan Kirab Budaya di Desa Plesungan Karanganyar (foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Festival Sedekah Bumi digelar di Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar. 

Terik panasnya sinar matahari tak dihiraukan warga. Warga begitu antusias menyambut kembali digelarnya tradisi sedekah bumi yang sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

Tradisi sedekah bumi serta kirab ini dimulai dari kantor Balai Desa Plesungan. Berbagai hasil bumi inipun dibawa oleh para warga. Tumpeng besar yang berisi hasil bumi seperti buah, sayuran dan beberapa uang yang ditempelkan di atas tumpeng diarak menuju sebuah sendang desa.

Tepat dibelakang kedua tumpeng besar tersebut terlihat ratusan warga desa membawa ambeng masing-masing dan berjalan menuju sendang dimana sedekah bumi inipun digelar. Mereka pun mengarak miniatur patung loro blonyo, serta banteng.

Usai sampai disendang desa acara dilanjutkan dengan pembacaan doa bersama atas keberkahan yang di dapat oleh para oleh warga dalam satu tahun terakhir.

"Ini bentuk rasa syukur dari warga atas keberkahan yang kita dapat selama satu tahun terakhir," ungkap Kades Plesungan, Waluyo dalam sambutan, Minggu (6/8/2023)

Waluyo melanjutkan dengan terlaksananya acara sedekah bumi serta kirab tahun ini semoga tahun depan panen serta hasil bumi para petani lebih melimpah. Acara kirab ini sendiri diakhiri dengan pertunjukan reog ponorogo yang menggendong Kepala Desa Plesungan di atas kepala.

Dibagian lain, warga terlihat sangat antusias berebut gunungan untuk mengambil berbagai jenis buah, sayuran yang terdapat di dua tumpeng besar ini. ***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut